AkademikaAktivitas

Mahasiswa PMI Adakan Sosialisasi Layanan Lapak Desa

Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas dakwah UIN Salatiga angkatan 2022 lakukan sosialiasi layanan lapak Desa Kesongo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 100 pelaku UMKM yang tersebar di berbagai dusun di wilayah Desa Kesongo. Kegiatan sosialiasi ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan pelayanan produk halal yang dilakukan UIN Semarang.

Sosialisasi Mahasiswa PMI UIN Salatiga di Desa Kesongo
Mahasiswa PMI UIN Salatiga Melakukan Sosialisasi Layanan Lapak Desa di Desa Kesongo

Ismi Kurniawati mahasiswa PMI angkatan 2022 menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar produk UMKM di desa dapat dimuat di website resmi desa yang di dalamnya terdapat feature lapak desa. “Apabila ada yang memesan produk maka akan langsung terhubung dengan nomor whatshap pelaku UMKM sehingga tidak ada perantara pihak lain,”, imbuhnya. Kegiatan ini didampingi oleh dosen PMI sebagai fasilitator untuk mengarahkan kegiatan mahasiswa.

Baca Juga:  Gelar Reses, Anik Maslachah Tekankan Pentingnya Digitalisasi Produk UMKM

Para peserta terlihat antusias mendaftarkan produk UMKMnya dengan memberikan data yang dibutuhkan antara lain kategori produk, harga, foto dan identitas warga sesuai KTP. Harapannya dengan adanya layanan ini produk warga lokal dapat memperluas jaringan pemasaran secara online sehingga dapat meningkatkan daya saing.

 

Penulis: Saiful Hasan (penulis adalah salah satu dosen PMI di UIN Salatiga)

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda