Religi

Keutamaan Surat Al Waqiah, Dapat Lancarkan Rezeki

Jakarta Deras.id – Sebagai umat muslim jika ingin senantiasa dilancarkan rezekinya maka bisa mengamalkan untuk membaca surat Al Waqiah setiap hari dan juga membaca doa. Karena sesungguhnya keutamaan surat Al Waqiah adalah senantiasa dilimpahkan rezeki bagi orang yang bisa mengamalkannya.

Dalam Al-Qur’an, surah Al Waqiah termasuk surat ke-56. Surah ini tergolong ke dalam surat Makkiyah yang terdiri dari 96 ayat. Surah Al Waqiah terletak pada juz ke-27.

Sebuah buku dengan judul Rahasia Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi dan Al-Waqiah Untuk Kesuksesan Karier oleh Ustadz Ramadhan, dijelaskan bahwa surah Al Waqiah juga dikenal sebagai penarik rezeki.

Dinamakan Al Waqiah karena diambil dari lafal Al Waqiah yang terdapat pada ayat pertama surah ini, yang artinya kiamat. Meski memiliki arti kiamat, surah Al Waqiah tidak hanya menjelaskan tentang yaumil akhir, tetapi juga hadiah bagi para umat muslim yang taat serta balasan bagi orang-orang kafir. Selain itu, surah Al Waqiah juga menerangkan tentang kekuasaan Allah SWT dengan diciptakannya manusia, tumbuh-tumbuhan, api, serta hari berbangkit.

Manfaat membaca surah Al Waqiah dijelaskan dalam kitab Risalah al Nafiah, dimana Rasulullah SAW bersabda:
“Barangsiapa membaca surah Al Waqiah setiap malam, maka orang itu akan jauh dari kefakiran selamanya.” (Sa’d al-Mufti bahwa Hadits ini shahih)

Baca Juga:  Keutamaan Salawat Mansub, Dimudahkan Segala Urusan

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surah Al Waqiah setiap malam, maka tidak akan menimpa kepadanya kepapaan. Dan surah Al Waqiah adalah surat kaya, maka bacalah dan ajarkanlah kepada anak-anak kamu. (HR. Abu Ubaid, Al-Harits, Abu Ya’la, Ibnu Murdaweh dan al-Baihaqi).

Imam Ja’far dalam salah satu kitab berjudul Khazinatul Asrar Kubro, juga menjelaskan bahwa, “Barangsiapa membaca surah Al Waqiah pada waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari nafkah maka Allah Ta’ala mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. Dan barangsiapa membaca surah Al Waqiah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan atau kehausan, dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali pada orang itu.

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya, “Ajarkanlah kepada istri-istri kalian surah Al Waqiah, karena ia surat kekayaan.”
setelah membaca surat Al Waqiah bisa membaca doa. Doa ini berasal dari kitab Khulashoh Nabawiy. Berikut bacaan doanya:

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثاء) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Arab Latin: Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a’tho na wa nubtala bi zammi man man ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atho-i wal man-‘i. Allahumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamarrohimin wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Baca Juga:  Anjuran Islam ketika Bayi Baru Lahir

Artinya: “Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapapun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan.”

Baca Juga:  Tata Cara Salat Qadha’

Setelah membaca doa tersebut, bisa dilanjutkan dengan doa lainnya. Berikut bacaan doanya:

الّلهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِحَقِّ سُوْرَةِ الْوَاقِعَةِ وَأَسْرَارِهَا أنْ تُيَسِّرَلِيْ رِزْقِي كَمَا يَسَّرْتَهُ لِكَثِيْرٍ مِن خَلْقِكَ يَا ألله يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Arab Latin: Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi’ah wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yassartahu li katsiirin min kholqika yaa Alloh yaa robbal ‘aalamiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Waqiah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezeki ku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhluk-Mu, ya Allah, ya robbal ‘alamin.”

Penulis: Una l Editor: Ifta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda