Religi

Makna Memimpikan Ular Menurut Islam

Advertisement

Jakarta, Deras.id – Memimpikan hewan melata seperti ular memiliki makna baik dan buruk dalam Islam. Sebuah buku Agar Sembuh 100% Apapun Penyakitnya, Allah-Lah Penyembuh yang ditulis oleh Ahmad Fathoni Al-Kasyi menjelaskan bahwa ular memiliki lambang tali-tali tukang sihir karena memiliki racun yang mematikan.

Sebuah ayat Al-Qur’an dalam surat Thahaa ayat 20 menjelaskan bahwa,

فَاَلْقٰىهَا فَاِذَا هِيَ حَيَّةٌ تَسْعٰى

Artinya: Maka, dia (Musa) melemparkannya. Tiba-tiba ia menjadi seekor ular yang merayap dengan cepat.

Sebuah sabda Rasulullah menjelaskan bahwa terdapat tiga jenis arti mimpi,

“Mimpi itu ada tiga macam. Mimpi yang baik sebagai berita gembira dari Allah ‘azza wa jalla, mimpi seorang muslim yang dialami oleh dirinya sendiri, dan mimpi sedih yang berasal dari setan. Jika salah seorang di antara kalian mengalami mimpi yang tidak disukai, janganlah menceritakannya kepada orang lain, bangunlah, kemudian salatlah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Melalui hadis tersebut menjelaskan bahwa mimpi terdiri dari tiga jenis yakni mimpi yang benar dan baik dari Allah, mimpi dari diri sendiri (ungkapan jiwa) dan mimpi buruk dari setan.

Advertisement

Sebuah buku yang berjudul Tafsir Arti Mimpi oleh M. Kamaluddin, Tafsir Mimpi oleh Ustaz Mahmud asy-Syafrowi, dan buku Tafsir Mimpi Menurut Al-Qur’an dan as-Sunnah oleh Muhammad Ibnu Sirih menjelaskna tentang tafsir mimpi tentang ular.

Pertama, jika bermimpi ular keluar dari saluran kencing. Menjelaskan bahwa seorang anak membawa hal buruk karena anak tersebut bisa menjadi musuh.

Kedua, bermimpi menangkap ular. Hal ini bisa diartikan sebagai mimpi yang membawa hal baik, karena ia akan memperoleh harta. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam QS Taha ayat 21:

قَالَ خُذْهَا وَلَا تَخَفْۗ سَنُعِيْدُهَا سِيْرَتَهَا الْاُوْلٰى

Artinya: “Peganglah ia dan jangan takut, Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula.”

Ketiga, bermimpi ular dan ketakutan. Jika memimpikan hal tersebut maka ada dua arti yang pertama jika dirinya melihatnya berarti terdapat ketakutan yang meliputi dirinya. Sedangkan yang kedua, jika ia takut dengan ular namun tidak dilihatnya, berarti ia merasa aman dari bahaya musuh.

Advertisement

Keempat, bermimpi ular di atas kasur. Hal ini memiliki arti mengenai hubungan suami da istri. Dimana jika ular itu meninggal diatas kasur maka istrinya akan meninggal. Namun jika dalam kondisi lehernya dililit ular dan memotongnya menjadi tiga bagian maka dia akan mentalak tiga isrinya.

Kelima, bermimpi mengikuti ular masuk ke dalam lubang. Hal ini memiiki arti baik yakni akan adanya pernikahan dan dilimpahkan harta.

Keenam, bermimpi berkelahi dengan ular. Hal ini memiliki arti yang buruk yang berkaitan dengan persaingan bisnis dimana jika dirinya berhasil membunuh ular tersebut maka dirinya akan menang begitupun sebaliknya jika ia tergigit maka nasib buruk akan menimpanya.

Ketujuh, bermimpi ular berbicara dengan lembut. Hal ini memiliki arti yang baik yang membuat orang lain akan takjub melihatnya.

Baca Juga:  Pimpinan Taliban Mulai Terapkan Hukuman Syariah Islam Sepenuhnya

Kedelapan, bermimpi ular kecil mengkilap. Hal ini ditafsirkan dengan harta kekayaan bisa menjadi suatu cobaan. Sehingga bagi orang yang bermimpi diingatkan untuk bersedekah atas harta tersebut.

Kesembilan, bermimpi terlilit ular. Hal ini ternyata memiliki arti yang baik bahwa orang tersebut akan mendapatkan jodoh.

Kesepuluh, bermimpi ular di dalam rumah. Hal ini memiliki tafsir bahwa di dalam rumah tersebut terdapat musuh. Musuh ini adalah orang yang tidak suka atau memiliki dendam kepadanya. Oleh karena itu harus lebih waspada, hal ini sebagai pengingat dan pertolongan dari Allah Swt untuk berhati-hati.

Penulis: Una l Editor: Ifta

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda