Religi

Simak! Enam Anjuran Amalan di Bulan Rajab

Jakarta, Deras.id – Rajab menjadi bulan istimewa bagi umat muslim. Sedikitnya ada enam amalan yang dapat dilakukan. Mengutip buku Bunga Rampai Bincang Syariah susunan Mohammad Hafid, Rajab dimaknai sebagai mengagungkan. Datangnya bulan Rajab sangat dinantikan oleh kaum muslimin.

“Dari Anas bin Malik, bahwa Nabi Muhammad SAW disaat memasuki bulan Rajab beliau berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah keberkahan kepada kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan’.” (HR Al-Baihaqi dan lainnya)

Dalam kalender hijriah, Rajab termasuk bulan ke-7. Tahun ini, awal Rajab jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024 sebagaimana merujuk pada kalender hijriah 1445 H/2024 M terbitan Kementerian Agama (Kemenag RI).

Berikut amalan yang dapat dilakukan di bulan Rajab,

Pertama, berdoa dan memperbaiki istighfar. Seperti yang diriwayatkan Iamm Ja’far ash Shadiq bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Rajab adalah bulan pengampunan bagi umatku, maka perbanyaklah beristighfar di bulan ini, karena Ia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Bulan Rajab dijuluki dengan al Ashab (pelimpahan) karena pada bulan ini terdapat rahmat Allah yang dilimpahkan kepada umatku. Sehingga perbanyaklah mengucap,

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَ أَسْأَلُهُ التَّوْبَةَ

Arab latin: Astaghfirullah wa as aluhut taubah

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah dan aku meminta kepada-Nya agar diterima tobatku.”

Rasulullah SAW menganjurkan untuk beristighfar sebanyak 70 kali di siang hari dan 70 kali di malam hari, lalu mengangkat tangannya dan berkata:

اللهم اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ

Arab latin: Allahummaghfirli wa tub ‘alayya

Artinya: “Ya Allah ampunilah aku dan terimalah tobatku.”

Kedua, puasa Rajab. Puasa ini masuk dalam puasa sunah yang sangat dianjurkan. Dalam sebuah buku Masuk Neraka Gara-gara Puasa Rajab? Yang ditulis oleh Ahmad Sarwat, Iamm Nawawi berkata:

Baca Juga:  Keutamaan Salawat Mansub, Dimudahkan Segala Urusan

“Tidak ada keterangan tsabit tentang puasa sunah rajab, baik berbentuk larangan atau pun kesunahan. Namun pada dasarnya melakukan puasa hukumnya sunnah ( di luar Ramadhan). Dan diriwayatkan oleh Abu Daud dalam kitab Sunan bahwa Rasulullah SAW mensunahkan berpuasa di bulan-bulan haram, sedang bulan Rajab termasuk salah satunya.”

Puasa satu hari di bulan Rajab diibaratkan puasa selama sebulan, dalam sebuah hadis Nabi SAW bersabda:

“Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan.” (HR At-Thabrani)

Ketiga, membaca salawat nabi. Dalam sebuah buku yang berjudul Alasan Rasulullah SAW Menganjurkan Menganjurkan Puasa Sunah yang dutulis oleh Amirulloh Syarbini dkk, bahwa memperbanyak sholawat nabi pada bulan Rajab akan dilipatkan amalan pahala oleh Allah SWT.

Baca Juga:  Lalat jadi Obat, begini Hadisnya

Keempat, salat empat rakaat. Amalan ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadis,

“Barang siapa sholat empat rakaat di hari Jumat pada bulan Rajab antara Dzuhur dan Ashar, dengan membaca surah Al Fatihah sekali dilanjutkan dengan ayat kursi tujuh kali pada rakaat pertama, serta surah Al Ikhlas lima kali pada rakaat kedua, lalu mengucapkan:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَا اللهُ هُوَ أَسْأَلُهُ التَّوْبَةَ

Arab latin: Astaghfirullahal ladzi la ilaha illa huwa wa as aluhut taubah

Artinya: “Aku memohon ampunan dari Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia, memohon ampun kepada Allah dan aku meminta kepada-Nya agar diterima taubatku.”

Kelima, membaca ayat-ayat Al-Qur’an. Seperti yang diriwayatkan oleh Sayid ibn Thawus bahwa seorang muslim dapat membaca surat Al Ikhlas sebanyak 10.000 kali atau 1.000 kali atau 100 kali pada bulan Rajab. Apabila bacaan itu dilakukan pada hari Jumat dirinya akan ditark ke surga dengan bentuk yang bercahaya.

Baca Juga:  Bolehkan Wukuf Saat Haid?

Keenam, bersedekah. Siapapun yang bersedekah di bulan ini maka akan mendapatkan banyak keuntungan. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis,

“Barang siapa bersedekah di bulan Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua.”

Sebagai umat muslim yang ingin menjalankan amalan-amalan pada bulan Rajab dapat mengerjakan enam amalan yang dijelaskan di atas.

Penulis: Una l Editor: Ifta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda