BeritaNasional

Uji Coba LRT Jabodetabek Tahap Pertama Dilakukan Hari Ini

Jakarta, Deras.id – LRT Jabodebek melakukan uji coba operasional terbatas tahap pertama mulai hari ini, 12 sampai 26 Juli 2023. Uji coba ini dilakukan bersama dengan penumpang yang terdiri atas Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas. 

“Uji coba ini akan terus dilakukan untuk memastikan aspek keselamatan dan kesiapan sistem operasi. Semoga nanti pada 27 Juli 2023 saat melibatkan masyarakat umum, sistem operasinya sudah semakin matang dan pelayanannya semakin meningkat,” kata Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis dikutip Deras.id, Rabu (12/7/2023).

Menhub menjajal LRT Jabodebek mulai dari stasiun Harjamukti, Depok menuju Stasiun Dukuh Atas, Jakarta. Serangkaian uji coba akan dilakukan bertahap sampai nantinya siap untuk beroperasi komersial pada 18 Agustus 2023.

Kemudian, untuk tahap kedua akan dimulai uji coba pada 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023. Tahap dua ini memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk mengikuti uji coba dengan cara mendaftarkan diri melalui link pendaftaran yang akan disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Uji coba pada tahap pertama ini per harinya akan ada 22 perjalanan kereta. Sedangkan untuk uji coba tahap kedua per harinya akan ada 434 perjalanan kereta, di mana 6 perjalanan di antaranya akan mengangkut penumpang yang telah mendaftar.

“Melalui ujicoba ini, kami sekaligus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada penumpang, serta ujicoba sistem ticketing, integrasi antarmoda, aksesibilitas, dan pengaturan parkir di area stasiun,” tutur Budi Karya Sumadi.

LRT Jabodebek nantinya akan beroperasi sebanyak 560 perjalanan dan sehari pada hari kerja, dengan headway atau waktu tunggu kedatangan kereta rata-rata 3 sampai 6 menit. Uji coba tersebut dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi serta perbaikan yang harus dilakukan sebelum beroperasi secara komersial.

Masyarakat di Jakarta maupun di kota penyangga seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan sekitarnya sangat menantikan kehadiran layanan LRT Jabodebek. Hal tersebut dikarenakan dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke kota penyangga maupun sebaliknya.

“Saat ini masyarakat yang mau mendaftar untuk mencoba LRT Jabodebek sudah puluhan ribu,” jalas Budi Karya Sumadi.

Penulis: Risca l Editor: Rifai

Baca Juga:  Empat Rumah dan Satu Lansia Tewas Terbakar di Bandung

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda