BeritaNasional

TikTok Shop Resmi Gabung Tokopedia, Investasi Sebesar Rp23,4 Triliun

Jakarta, Deras.id – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) dan TikTok Shop resmi mengumumkan kemitraan strategis guna memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) nasional. TikTok akan berinvestasi 1,5 Miliar dolar AS atau sekitar Rp23,4 Triliun untuk mendukung operasional Tokopedia.

“Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” jelas GoTo dalam siaran pers dikutip Deras.id, Senin (11/12/2023).

“TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia,” imbuhnya.

Baca Juga:  Moeldoko Sesalkan Sekelompok Warga yang Melarang Perayaan Ibadah Natal di Bogor

Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pda kuartal pertama tahun 2024. Kemitraan strategis tersebut akan diawali dengan periode uji coba melalui program kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Program tersebut dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.

“Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka,” jelas GoTo.

Kombinasi antara Tokopedia dengan TikTok Shop Indonesia diyakini dapat memberikan keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

Baca Juga:  Gus Halim Optimalkan Pembangunan Desa Kawasan Perbatasan

Selain itu, GoTo juga akan mendapatkan aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut. Sehingga akan dibentuk komite guna memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokpedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional.

“Dalam transaksi ini, Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo,” jelas GoTo.

Penulis: Risca l Editor: Ifta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda