BeritaNasional

Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Digelar, Ini Syaratnya

Jakarta, Deras.id – Tes Rekrutmen Bersama (RBB) BUMN 2023 secara online resmi dilaksanakan 12-20 Juni 2023. Para peserta diharapkan untuk memperhatikan hal-hal yang bersifat teknis untuk menghindari kegagalan. 

“Ini penting kami ingatkan agar peserta terhindari dari kegagalan karena hal-hal yang bersifat teknis seperti peralatan yang digunakan dan hal terkait lainnya,” kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Tedi Bharata dikutip Deras.id dari laman Kabar BUMN, Senin (12/6/2023).

Tes online tahap 1 RBB 2023 untuk lulusan D3, S1/D4, dan S2 dimulai pada 12-19 Juni 2023. Sedangkan untuk lulusan SMA/SMK akan berlangsung pada 20 Juni 2023.

Salah satu persyaratannya, peserta wajib menggunakan komputer PC atau laptop yang dilengkapi kamera dan mouse saat mengikuti tes online. Tedi mengimbau kepada para peserta untuk tidak menggunakan ponsel saat mengikuti tes. Pasalnya, hal ini berpotensi menimbulkan kesalahan saat tes online, karena ponsel, tablet, atau smartphone tidak cocok dengan sistem yang ada.

Baca Juga:  Rutinan Gerindra-PKB, Prabowo-Cak Imin Gelar Bukber

Selama mengikuti tes, peserta wajib menyalahkan kamera pada komputer PC/laptop. Apabila peserta tidak menyalakan kamera, maka peserta akan otomatis gugur. Salah satu peserta sempat protes saat dilakukan uji coba pada Jumat (9/6/2023).

“Yang bersangkutan juga telah mengakui dirinya mengikuti tes menggunakan ponsel dan tidak membaca secara detail petunjuk teknisnya. Hal seperti inilah yang perlu dihindari,” tutur Tedi Bharata. 

Tedi memberikan peringatan kepada peserta untuk menghindari segala bentuk kecurangan dan mengedepankan akhlak saat mengikuti tahapan tes online. Apabila terdapat kecurangan, akan dimasukkan dalam daftar hitam (blacklist), sehingga tidak bisa mengikuti rekrutmen BUMN di tahun-tahun mendatang. 

Pihaknya telah memaksimalkan sistem proctoring untuk mendeteksi praktik kecurangan. Perilaku yang dianggap curang termasuk perjokian dan pembukaan tab, window, atau halaman lain pada perangkat yang digunakan saat tes. 

Baca Juga:  Ridwan Kamil Angkat Bicara soal Dana Rp 15 M untuk Konten Masjid Al-Jabbar

Berdasarkan data dari Kementerian BUMN, terdapat sekitar 2 juta orang yang mendaftar RBB 2023. Akan tetapi, hanya sekitar 800 ribu orang yang lolos proses seleksi administrasi. Peserta dapat memantau akun media sosial Forum Human Capital Indonesia (FHCI) untuk informasi lebih lanjut.

Penulis: Risca l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda