BeritaNasional

Target Akses Air Minum Layak 2024, Ini Strategi Kementerian PUPR

Jakarta, Deras.id – Pemerintah Indonesia menargetkan 100 persen penyediaan akses air minum layak pada tahun 2024. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempunyai dua strategi untuk memenuhi target tersebut. 

“Untuk menjawab tantangan tersebut, Kementerian PUPR telah menerapkan IWRM pada kawasan permukiman dengan mengintegrasikan layanan air minum dan pengolahan air limbah domestik ke suatu sistem tata kelola. Serta membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional yang terintegrasi dengan Bendungan, Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan jaringan distribusi,” jelas Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti dalam keterangan tertulis dikutip Deras.id, Rabu (7/6/2023).

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 menargetkan penyediaan akses air minum layak di seluruh Indonesia. Setidaknya 100 persen rumah tangga mempunyai akses air minum layak pada tahun 2024, termasuk 15 persen akses air minum aman serta 30 persen akses air minum perpipaan. 

Baca Juga:  Cak Imin Bakal Ajak Golkar Gabung Koalisi PKB-Gerindra

Cakupan layanan akses air minum layak di Indonesia saat ini sudah mencapai 92,96 persen dari target 100 persen pada tahun 2024. Selain itu, untuk capaian akses limbah domestik layak dan aman sebesar 79,06 persen dari target 90 persen pada 2024.

Pemerintah Indonesia terus mendorong Pemerintah Daerah dan Perusahaan Air Minum (PDAM) untuk terus berkomitmen dalam menyediakan air minum yang bersih, layak dan sehat, serta memberikan pelayanan terbaik. Pengintegrasian layanan air minum serta limbah tersebut, diperlukan komitmen bersama dari Pemerintah Daerah sebagai regulator dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai operator. 

“Sehingga, Kepala Daerah dapat mengawal proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi integrasi layanan di daerahnya masing-masing. Dan para direksi BUMD Air Minum dapat terus meningkatkan kinerja pelayanan PDAM. Baik dari aspek teknis, keuangan, maupun kelembagaan,” tutur Diana Kusumastuti.

Baca Juga:  Joe Biden Sebut Ekonomi Amerika Tumbuh Dengan Cepat

Penyelenggaraan Indonesia Water & Wastewater Expo & Forum (IWWEF) 2023 diharapkan bisa memberikan beragam gagasan penting dan mempererat sinergi serta kolaborasi para pemangku kepentingan dalam memantapkan upaya penyediaan akses air minum dan limbah domestik yang aman dan terjangkau.

Penulis: Risca l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda