BeritaNasional

Rosan Mundur dari Wamen BUMN Usai Ditunjuk Jadi Ketua TKN Prabowo-Gibran

Jakarta, Deras.id – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rosan Perkasa Roeslani telah resmi mundur dari jabatannya sebagai Wakil Menteri BUMN. Pengunduran diri tersebut setelah Rosan dipilih sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju yang mengusung bakal calon presiden (Capres) Prabowo Subianto dan bakal calon wakil presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

“Presiden telah mengabulkan permohonan pengunduran diri Wamen BUMN, Rosan P. Roeslani. Wamen BUMN ini secara resmi diberhentikan dengan hormat melalui Keppres tertanggal 25 Oktober 2023,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan dikutip Deras.id (26/10/2023).

Rosan telah mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Wamen BUMN per tanggal 24 Oktober 2023. Nama Rosan diumumkan oleh Prabowo Subianto dalam deklarasi di Indonesia Arena sebelum daftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca Juga:  PKB dan Gerindra Atur Pertemuan, TentukanĀ  Nama Capres Cawapres

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menyapa Rosan sebagai Ketua TKN Koalisi Indonesia Maju, koalisi partai politik yang terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, Gelora, PAN, PBB, Garuda, dan Prima.

“Yang saya hormati, Pak Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju,” ujar Prabowo Subianto.

Selain itu, Rosan juga mengajukan pengunduran diri dari jabatan wakil komisaris utama PT Pertamina (Persero). Surat pengunduran diri diajukan tak lama sebelum ia diumumkan menjadi Ketua TKN Prabowo-Gibran pada, Rabu (25/10/2023) pagi.

“Beliau sudah ajukan surat pengunduran diri sebagai WaKomut Pertamina. Tadi pagi terima suratnya,” jelas Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Sebelum pengunduran diri, Rosan Perkasa Roeslani adalah Wamen BUMN yang dilantik oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Pahala Mansury yang ditetapkan menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) pada 17 Juli 2023. Selain itu, Rosan juga merupakan mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, serta pernah menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) RI.

Baca Juga:  Pastikan Bantuan Keuangan Tersalurkan dengan Baik, Inspektorat Jember Blusukan ke Desa

Penulis: Risca l Editor: Ifta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda