DaerahBerita

Revitalisasi Potensi Wisata, Mahasiswa KKNT UTM Lakukan Aksi Nyata di Pantai Jumiang Pamekasan

Pamekasan, Deras.id – Sekelompok Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten melakukan aksi peduli pantai di Pantai Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Kamis (12/10/2023) lalu.

Aksi peduli lingkungan atau bersih-bersih pantai ini digelar sebagai langkah awal kepedulian mahasiswa UTM terkait kebersihan laut dan pantai di Indonesia, khususnya di Pantai Jumiang, Pamekasan. Alfan Biroli dan Mohammad Afifuddin, Dosen Pembimbing Lapangan program KKNT di Desa Tanjung itu menjelaskan, bersihnya lingkungan tentu akan lebih memikat pengunjung jika dipadukan dengan kreatifitas masyarakat sekitar sehingga dapat menjadi pantai yang punya nilai tambah tinggi seperti halnya Pantai-pantai di Selatan Yogyakarta atau bahkan di Bali.

“Salah satu tujuan dari diadakannya kegiatan ini yakni untuk meningkatkan kualitas SDM serta mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar Pantai Jumiang tentang pentingnya menjaga lingkungan dalam mempromosikan sebuah tempat wisata,” ujar Alfan dan Afif Kamis (12/10/2023).

Baca Juga:  Pemerintah Tanggapi Gugatan Nurul Ghufron Soal Penentuan Batas Usia Minimal Pimpinan KPK

Sebagai negara dengan 70 persen luas totalnya adalah lautan, Indonesia memiliki banyak potensi pantai dan dapat menjadi salah satu sumber daya alam. Sayangnya, sumber daya alam tersebut masih belum dimanfaatkan dengan baik. Padahal banyak pantai memiliki potensi sebagai tempat pariwisata yang bisa mendorong roda perekonomian lokal.

Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan pantai. Dalam aksi yang dilakukan peserta KKNT UTM itu, para mahasiswa melakukan aksi peduli pantai dengan membersihkan daun-daun yang berserakan serta merapikan gazebo dan warung yang sudah tidak terpakai dan terbengkalai. Upaya dilakukan untuk menjaga kebersihan sekaligus mengurangi polusi tanah di sekitar pantai. Aksi peduli pantai ini dilakukan selama kurang lebih 19 orang yang terdiri atas gabungan mahasiswa KKNT UTM beserta warga sekitar.

Baca Juga:  Anggia Erma Rini Gandeng Pemuka Agama Dunia Tanggulangi Dampak Perubahan Iklim

Aksi dilakukan dengan membagi tim menjadi beberapa kelompok. Tim KKNT UTM berharap, masyarakat dapat terdorong untuk tetap menjaga kebersihan pantai setelah digelarnya kegiatan ini. Tidak hanya untuk masyarakat Desa Tanjung saja, melainkan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Bahwasanya kebersihan laut dan pantai perlu diperhatikan secara serius.

Dusun Jumiang merupakan salah satu dusun di Desa Tanjung yang berdekatan dengan ekowisata pantai jumiang yang lumayan dikenal oleh banyak wisatawan dari dalam kota maupun luar kota sehingga wisata pantai jumiang berpotensi menjadi wisata unggulan yang bisa dikenalkan kepada masyarakat secara luas.

Zabur, Kepala Desa Tanjung mengatakan, merasa terbantu dengan adanya kegiatan bersih-bersih pantai yang diadakan oleh kelompok KKNT UTM.

“Soalnya Pantai Jumiang ini sudah tidak terjamah semenjak berganti pengelola. Saya sangat terbantu adanya kegiatan ini untuk meningkatkan eksistensi Pantai Jumiang ini,” tuturnya.

Baca Juga:  KontraS Nilai Pernyataan Kepala BIN Langgar Netralitas

Program KKNT berlangsung sejak tanggal 28 Agustus 2023 hingga 5 Desember 2023. Bertempat di Dusun Jumiang, program ini melibatkan 5 mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkup UTM.

Penulis: Ananda l Editor: Ifta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda