BeritaNasional

Pray For Cianjur, Gus Halim: Gunakan Dana Desa untuk Tangani Korban Gempa

Jakarta, Deras.id – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan turut prihatin dan berduka cita atas korban jiwa peristiwa gempa bumi dahsyat yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Senin (22/11/2022).

Selain itu, Mendes PDTT juga meminta desa-desa di Cianjur yang terdampak bencana gempa untuk tidak ragu-ragu menggunakan Dana Desa.

“Sobat desa jangan ragu, penggunaan dana desa diperbolehkan untuk penanganan bencana alam sesuai dengan kewenangan desa,”tegas Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini, dikutip dari akun tik-toknya.

Terkait penggunaan dana desa untuk bencana alam, Gus Halim menjelaskan bisa digunakan untuk mengaktifkan pos pengungsian, penyiapan dapur umum, Pelayanan kesehatan darurat, pengamanan lokasi terdampak bencana dan pengungsian dan Pelayanan dukungan psikososial.

Baca Juga:  AKBP Bambang Kayun Hadir ke KPK Guna Jalani Pemeriksaan

Selain itu, lanjut Gus Halim, juga bisa digunakan untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi seperti Bantuan Tunai untuk korban bencana.

“Rekonstruksi fasilitas sosial/umum dengan pola padat karya tunai dan evaluasi penanganan bencana,” kata Gus Halim.

Untuk diketahui, gempa bumi berkekuatan M 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Senin (22/11/2022) pukul 13.21 WIB. Pusat gempa berlokasi di 10 km barat daya Kabupaten Cianjur di kedalaman 10 km. Update per hari ini, Selasa (23/11/2022) korban meninggal dunia mencapai 162 orang, korban luka berat 362 Orang dan diperkirakan 13.400-an warga harus Mengungsi.

Penulis: Hilal | Editor: Dian

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda