DaerahBerita

Polisi Musnahkan 5 Hektare Ladang Ganja di Mandailing Natal

Madina, Deras.id – Anggota Polres Mandailing Natal (Madina) berhasil menemukan dan menghancurkan ladang ganja seluas lima hektar di kawasan perbukitan Tor Mangumpang yang terletak di ketinggian 1.200 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL) (6/11/2023). Seluruh tanaman ganja di ladang tersebut telah siap panen.

“Saat ditemukan kami segera melakukan pemusnahan di TKP,” kata Kapolres Madina, AKBP Reza Chairul Akbar Sidiq saat dimintai keterangan (6/11/2023).

Dalam operasi pemusnahan ini, petugas berhasil mengidentifikasi sekitar 50 ribu batang tanaman ganja yang telah ditanam di lahan tersebut dengan total berat mencapai 15 ton. Operasi penggerebekan ladang ganja ini berlokasi di Desa Pardomuan, Kecamatan Panyambungan Timur, Kabupaten Madina, Sumatera Utara. Kapolres Madina, AKBP Reza Chairul Akbar Sidiq, memimpin langsung operasi ini.

Baca Juga:  Gus Halim: Capaian IDM 2022 Lampaui Target RPJMN 2024

“Kami sudah berhari-hari menyisir kawasan perbukitan ini, untuk menemukan ladang ganja. Tanaman ganja ini sengaja ditanam di lokasi tersembunyi, agar luput dari pengamatan polisi,” ungkap AKBP Reza.

Tim penyelidik butuh perjuangan ekstra untuk mencapai lokasi ladang ganja. Mereka harus berjalan kaki melalui jalur perbukitan yang sangat curam dan berliku-liku di tengah hutan, memakan waktu sekitar enam jam untuk mencapai ladang ganja tersebut.

“Untuk mencapai lokasi ladang ganja, tim di lapangan harus berjalan kaki menyusuri perbukitan dengan jalur sangat menanjak di tengah kawasan hutan. Butuh waktu sekitar enam jam untuk mencapai lokasi ladang ganja,” ujar AKBP Reza

Reza juga menjelaskan bahwa tanaman ganja ini ditanam di lokasi tersembunyi untuk menghindari deteksi oleh pihak berwenang. Setelah pencabutan, seluruh tanaman ganja langsung dibakar.

Baca Juga:  Apartemen di Johannesburg Terbakar, 12 Orang Tewas

“Seluruh tanaman ganja langsung dimusnahkan di lokasi. Dari hasil pendataan, kami menemukan sekitar 50 ribu batang tanaman ganja, dan jika dipanen, perkiraan beratnya mencapai 15 ton,” kata AKBP Reza.

Saat ini, polisi tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menemukan pemilik ladang ganja dan menindaklanjuti kasus ini.

Penulis: Putra Alam | Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda