NasionalBerita

PKB Komitmen Perjuangkan Dana Desa Rp5 Miliar Per Tahun

Jakarta, Deras.id – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berkomitmen untuk terus memperjuangkan kenaikan anggaran dana desa menjadi Rp5 miliar per tahun. PKB menilai hal itu penting untuk menjadikan desa sebagai pusat pembangunan nasional.

“Sejak dana desa dikucurkan selama sembilan tahun terakhir, desa membuktikan mampu mengelola anggaran dana desa dengan baik. Maka sudah sewajarnya jika harus ada kenaikan signifikan kucuran dana desa hingga Rp5 miliar per tahun,” ujar Juru Bicara Fraksi PKB Luluk Hamidah di Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Luluk menjelaskan bahwa sejauh ini aliran dana desa mampu memberikan manfaat dalam upaya menurunkan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Selain itu, dana desa juga mampu mendorong kemandirian masyarakat desa serta ikut aktif terlibat dalam penyusunan rencana pembangunan desa.

Baca Juga:  Survei SMRC: Ketum PKB Muhaimin Iskandar Raih Dukungan Teratas Dari Uji Elektoral NU

“Banyak program pembangunan desa bisa dieksekusi dengan adanya dana desa. Mulai dari penyediaan infrastruktur seperti pembangunan jalan dan jembatan desa, penyediaan layanan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan, hingga adanya program padat karya sebagai solusi masalah pengangguran di level desa,” jelas Luluk.

Anggota Komisi V tersebut optimistis bahwa kenaikan dana desa akan mendorong pembangunan desa lebih merata dan berkelanjutan.

Menurutnya, dana desa berorientasi pada percepatan pembangunan desa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. 

“Dengan meningkatnya alokasi dana desa, diharapkan akan terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi di tingkat desa, peningkatan kualitas hidup masyarakat, serta mengurangi disparitas antara desa dan kota,” kata Luluk.

Lebih lanjut Luluk mengungkapkan bahwa bukan hal yang sulit untuk mewujudkan kebijakan peningkatan dana desa tersebut.

Baca Juga:  Benchmarking Kades, Gus Halim Soroti Kesamaan Indonesia-China Soal Bangun Desa

Oleh karena itu menurutnya, butuh sinergitas kementerian dan lembaga dalam mewujudkan kebijakan peningkatan dana desa tersebut. 

“Pemerintah harus mampu merealisasikan anggaran Rp5 miliar per desa dengan melakukan singkronisasi berbagai program untuk desa yang tersebar di berbagai kementerian/lembaga,” tutur Luluk.

Dengan demikian, Luluk mengajak semua anggota DPR, pemerintah dan partai politik untuk mendukung usulan peningkatan dana desa tersebut.

Hal ini dikarenakan, peningkatan dana desa menjadi langkah penting untuk membangun Indonesia dari desa dengan keadilan dan kesejahteraan.

Penulis: Diraf l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda