BeritaNasional

Pimpinan Otorita IKN Mundur, Bahlil: Malah Bersyukur Bisa Cepat Ditangani Pak Basuki

Nasional,Deras.id – Bahlil Lahadalia selaku Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ungkap rasa senang setelah Pimpinan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengundurkan diri.

Bagi Bahlil pernyataan sikap tersebut justru membantu pembangunan proyek strategis nasional IKN melaju cepat.

“Enggak ada (keluhan), malah bersyukur kok, bisa lebih cepat karena ditangani oleh Pak Basuki (Menteri PUPR),” jawabnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (10/6/2024).

Sebagai informasi terkait pengunduran diri Kepala OIKN beserta wakilnya sudah dikonfirmasi langsung oleh pemerintah bersamaan dengan pengangkatan Plt Pengganti Ketua dan Wakil Kepala OIKN.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengonfirmasi bahwa beberapa waktu yang lalu Presiden menerima surat pengunduran diri Ketua dan Wakil Ketua OIKN.

“Beberapa waktu lalu Pak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Wakil Kepala Otorita IKN, Pak Dhony Rahajoe. Kemudian beberapa waktu berikutnya Pak Presiden juga menerima surat pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono,” kata Pratikno dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Baca Juga:  PBNU Temui Jokowi Lapor Peringatan 1 Abad NU Sukses Terlaksana

Kemudian Presiden Joko Widodo menerbitkan Keppres terkait pengangkatan Plt Kepala beserta Wakil Kepala Otorita IKN. Masing-masing digantikan oleh Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN.

Merespons hal tersebut, Bahlil menegaskan bahwasanya Presiden sudah terlebih dahulu mempertanyakan kepada penanggung jawab yang baru terkait jaminan progres pembangunan IKN dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, menurut Bahlil pergantian tanggung jawab tidak berdampak pada realisasi investasi asing di IKN.

“Bagus (realisasi investasinya). Jadi gini, pergantian kepemimpinan itukan hak prerogatif presiden. Namun, juga presiden menghargai ketika pembantunya mengundurkan diri. Jadi kalau dia mundur bukan berarti IKN macet. Masa macet? gak benar itu,” tambahnya.

Eks Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) juga meyakinkan bawah proyek ini tidak stagnan. Terkait identitas investor yang menyuplai dana untuk IKN Bahlil tidak bisa jawab, hanya menjanjikan pada waktunya akan terkonfirmasi dengan sendirinya.

Baca Juga:  Keluarga Korban Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana Depok Terima Santunan Rp60 Juta

“Nanti, kalau sudah ini (investor masuk) baru saya kabari,” pungkas Bahlil

Penulis: M.F.S.A I Editor : Dinda

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda