BeritaNasional

Peringati Hari Pahlawan Nasional, HMPI DIY Adakan Webinar Seminar Kebangsaan

Jakarta, Deras.id – Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (HMPIDIY) mengadakan Webinar Seminar Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional dengan tema “Persfektif Gen Z Terhadap Kepahlawanan”. Acara tersebut dilaksanakan melalui Ruang Zoom Meeting pada, Jumat (24/11/2023) pukul 18.30 – 22.00 WIB.

Pendiri HMPI, Dr.M. Fadjroul Rachman,S. E.,M.H yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan selaku keynote speaker dalam acara tersebut menyampaikan generasi Z merupakan segmen yang akan ikut membentuk arah masa depan bangsa dan negara, serta juga menjelaskan tipologi pemuda, sejarah kepahlawanan, peran pemuda dalam menjaga konstitusi bagi kemajuan bangsa. Kegiatan tersebut berjalan dengan khidmat dan dihadiri oleh sekitar 200-an mahasiswa seluruh Indonesia.

Pembahasan selanjutnya dipaparkan oleh Dosen UIN Satu Tulungagung, Dr,(C) Naufal Kurniawan, S,Ag,. M,Ag,. C,I,P. yang menjelaskan akan pentingnya sejarah gerakan pemuda Indonesia dan disambungkan dengan peran mahasiswa pascasarjana khsusnya daerah istimewa Yogyakarta untuk mengerakkan kesadaran massa. Pada materi terakhir beliau menyampaikan sebuah pernyataan “Bagaimana menjadi pahlawan versi terbaik bagi diri kita sendiri”.

Baca Juga:  Antusias Korban Gempa Cianjur Rayakan Natal di Tenda Depan Gereja

Kemudian narasumber kedua yakni Ketua Umum Maritim Muda Nusantar, Kaisar Akhir, S.I.K,. M,Sc. menyampaikan materi tentang peran kepemimpinan pemuda dalam literasi digital dimana generasi melek digital harus adaptip dan respontif. Diakhir diskusinya beliau memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta, sebagai seorang generasi muda bangsa untuk selalu berjuang dari berbagai arah untuk kemajuan bangsa.

Ketua Umum HMPI DIY, Zaiful Anas,M.E, menyampaikan harapan yang sangat besar kepada para pemuda untuk selalu berjuang dan berkhidmat demi kepentingan bangsa. Kegiatan ini bukan hanya sebagai kegiatan yang berbentuk seremonial saja, akan tetapi dari kegiatan ini dapat diambil hikmah dan pelajaran sebagai pemuda.

Penulis: Risca l Editor: Ifta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda