Berita

Peringatan Dini BMKG, diperkirakan Cuaca Ekstrem di Jatim

Advertisement

Surabaya, Deras.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda meramalkan cuaca ekstrem di Jawa Timur 15-17 November. Kondisi ini beragam dimulai dari hujan ringan hingga lebat disertai petir.

“Hasil analisis dinamika atmosfer di Wilayah Jawa Timur termini menunjukkan adanya pola siklonik di Laut Jawa yang menyebabkan daerah konvergensi serta perlambatan kecepatan angin yang meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan di Wilayah Jawa Timur,” bunyi keterangan tertulis BMKG Juanda, Selasa (15/11/2022).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kondisi ini dapat menyebabkan pembetukan awan kumulonimbus yang cukup intens. Selain hujan ringan, cuaca ekstrim lain seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung, dan hujan es diperkirakan terjadi.

Adapun dampak dari intensitas hujan lebat menyebabkan fasilitas umum terganggu, seperti jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, volume air sungai meningkat/banjir, aliran banjir berbahaya, dan mengganggu aktifitas masyarakat dalam skala menengah.

Baca Juga:  Keluarga Korban Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana Depok Terima Santunan Rp60 Juta

Beberapa hal yang dihimbau bagi masyarakat untuk selalu berhati-hati jika beraktifitas diluar rumah, memperbarui informasi melalui media masa atau media sosial, mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktifitas diluar rumah jika tidak mendesak, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.

𝗣𝗲𝗻𝘂𝗹𝗶𝘀: Aldy l 𝗘𝗱𝗶𝘁𝗼𝗿: Ifta

Advertisement

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda