BeritaNasional

Performa TPP Jatim Terus Meningkat, Gus Halim: Ini Layak Dicontoh

Surabaya, Deras.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengapresiasi Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Jawa Timur (Jatim) yang terus meningkat performanya.

Saat ini seluruh TPP mulai level lokal desa hingga tingkat provinsi di Jawa Timur terus meningkatkan kualitas pendampingan untuk kemandirian desa.

“Saya bersyukur melihat performa TPP Jawa Timur bagus sekali, seragamnya bagus banget kinerjanya juga. Ini layak dicontoh,” kata menteri yang akrab disapa Gus Halim saat Sosialisasi Bimtek Peningkatan Partisipasi Pegiat Desa dalam Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (17/6/2023).

“Terima kasih kepada teman- teman TPP Jawa Timur yang luar biasa kinerjanya sejak awal sampai hari ini. Tentu ini nggak berhenti di sini tapi harus kita tingkatkan terus segala hal positif ini,” imbuh Gus Halim.

Baca Juga:  Gus Muhaimin Ajak Dunia Usaha Terus Terlibat dalam Pembangunan Kawasan Transmigrasi

Bimtek untuk pegiat desa ini dilaksanakan sebagai upaya untuk terus mempertajam kemampuan dalam mendampingi pembangunan desa.

Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa provinsi termasuk Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, dan Banten.

Gus Halim berharap besar pada kebermanfaatan kegiatan ini khususnya untuk mengurangi jumlah desa sangat tertinggal serta tertinggal dengan menambahkan jumlah desa maju dan mandiri.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur tersebut yakin kesejahteraan masyarakat pun meningkat dengan adanya Bimtek untuk pegiat desa ini.

“Bimtek pegiat desa ini tentu saja harus memberikan manfaat besar, kemajuan yang luar biasa untuk status desa, untuk kesejahteraan masyarakat, pokoknya untuk semua kebaikan desa,” tegasnya.

Gus Halim menambahkan, TPP di seluruh Indonesia selalu diberi perhatian khusus karena perannya sangat besar dalam membangun desa.

Baca Juga:  Viral !! Warga Dirikan Tenda Sakinah untuk Kebutuhan Biologis Korban Gempa Cianjur

Hal itu karena TPP adalah aktor-aktor yang bisa bertemu dengan masyarakat secara langsung sehingga dapat memantau dan bertindak lebih cepat sesuai dengan aturan yang ada.

“Selalu saya katakan bahwa kerja pendamping adalah kunci bagi Kemendes. Ini tidak main-main karena yang bertemu dengan warga masyarakat secara langsung tiap hari ya teman-teman TPP,” terang Gus Halim.

Hadir dalam Bimtek tersebut Kepala Pusat Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Yusra. Selain itu acara ini juga diikuti oleh ratusan TPP se-Jawa Timur dengan berbagai materi yang telah disiapkan.

Penulis: Ifta l Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda