Suksesi 2024Berita

Pengamat Sebut AMIN Berikan Tawaran Alternatif Berpeluang Masuk Putaran Kedua

Jakarta, Deras.id – Pengamat Komunikasi Politik Universitas Multimedia Nusantara Ambang Priyonggo menyebut pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) berpeluang masuk putaran kedua Pilpres 2024. Menurutnya, AMIN memberikan berbagai tawaran alternatif dalam bentuk perubahan dan pemberdayaan masyarakat.

“AMIN memberikan tawaran-tawaran alternatif, seperti perubahan di bidang-bidang yang dirasakan esensial bagi rakyat, seperti soal lapangan kerja, harga kebutuhan pokok, pemberdayaan petani dan program-program kerakyatan lain yang langsung menyentuh hajat hidup masyarakat,” ujar Ambang di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Selain itu, faktor lain yang menopang AMIN adalah konsolidasi yang semakin solid di tingkat bawah mulai dari para kiai dan ulama untuk mendukung AMIN. Bahkan beberapa kiai dan ulama masuk dalam tim pemenangan nasional AMIN.

Baca Juga:  PKB-Gerindra Bakal Saling Update Hasil Silaturahmi

“Kalau kita lihat komposisi timnas AMIN kan banyak kiai besar nahdliyin yang berada di belakang AMIN, bahkan masuk ke dalam timnas AMIN,” terang Ambang.

Oleh sebab itu, Ambang mengatakan pasangan AMIN saat ini diuntungkan dari konstelasi politik hari ini. Menurutnya, dukungan AMIN semakin meningkat berasal dari pendukung Prabowo lama dan Jokowi lama yang beralih mendukung AMIN.

“Yang dapat keuntungan dari konstelasi politik saat ini adalah dari kubu Anies, karena selama ini pendukung Anies berasal dari pendukung Prabowo yang lama plus sebagian pendukung Jokowi yang lama, sehingga tidak mengherankan jika Anies justru berpeluang masuk putaran kedua sambil menunggu pemenang kontestasi antara Prabowo dengan Ganjar,” jelas Ambang.

Sementara, menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan jika semua paslon tidak yang mencapai 50 persen plus 1 maka akan masuk putaran kedua. Ia memprediksi kemungkinan besar capres cawapres yang masuk putaran kedua adalah pasangan Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran.

Baca Juga:  Anies Singgung Narasi Soal Kecurangan Jelang Pemilu 2024

“Kalau tidak ada satu pun calon yang mendapatkan 50 persen plus satu, kemungkinan besar yang masuk ke putaran dua adalah Prabowo versus Anies,” kata Burhanuddin di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Sebelumnya, lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei elektabilitas capres 2024. Berdasarkan hasil survei tersebut, Capres Anies Baswedan meroket ke posisi dua di bawah Prabowo Subianto.

Penulis: Diraf l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda