DaerahBerita

Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2023 Dibuka

Jakarta, Deras.id – Kementerian Agama Republik Indonesia (kemenag RI) membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) secara daring atau online untuk tahun 2023. Pendaftaran akan berlangsung selama sebelas hari, mulai tanggal 3 sampai 13 Juli 2023.

“Alhamdulillah, sebagaimana direncanakan, mulai hari ini pendaftaran PBSB secara online telah kami buka,” terang Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag, Waryono Abdul Ghofur, di Jakarta, Senin (3/7/2023).

Program PBSB tahun ini menawarkan 1.000 kuota beasiswa untuk santri yang akan melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1) dan Strata dua (S2). Beasiswa ini dapat dimanfaatkan dalam 23 perguruan tinggi mitra dan 85 program studi yang ditawarkan melalui skema Dana Abadi Pesantren (DAP).

“Kami undang para santri untuk mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan”, lanjut Waryono.

Baca Juga:  Konflik Keraton Surakarta Timbulkan 4 orang Luka

Program PBSB 2023 merupakan kolaborasi antara Kementerian Agama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. Tujuan program ini adalah memberikan peluang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan pesantren untuk mengembangkan minat bakat, penguasaan disiplin keilmuan, serta pengabdian kepada pesantren.

“PBSB ini dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan Pesantren, dalam rangka mengembangkan minat bakat dan penguasaan disiplin keilmuan serta dalam rangka pengabdian kepada Pesantren,” jelas Waryono.

Para santri yang berminat dapat melakukan pendaftaran beasiswa melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama atau melalui laman resmi https://beasiswa.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/. Pilihan program studi yang tersedia meliputi bidang keagamaan, manajemen, pendidikan, sains dan teknologi, kedokteran, kesehatan, ekonomi, serta sosial humaniora.

Baca Juga:  Kemenag Buka Pendaftaran Petugas Haji Tahun 2023 Mulai Hari Ini

 “Pendaftar hanya diperbolehkan memilih satu program studi saat mendaftar PBSB 2023. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 3 hingga 13 Juli 2023, dan seleksi akan dilakukan dalam beberapa tahap, termasuk seleksi administrasi, tes berbasis elektronik, dan tes wawancara/tes lisan online,” ungkap Waryono.

Jadwal pelaksanaan seleksi dan pengumuman kelulusan telah ditetapkan, dengan pengumuman kelulusan PBSB 2023 akan diumumkan pada tanggal 7 Agustus 2023. Setelah pengumuman kelulusan, dilanjutkan dengan pendaftaran ulang pada perguruan tinggi mitra PBSB dan masa perkuliahan sesuai dengan kalender akademik masing-masing perguruan tinggi.

Penulis: Putra Alam | Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda