BeritaInternasional

Pemimpin Partai Pracharat Terpilih Menjadi Ketua DPR Thailand secara Aklamasi

Bangkok, Deras.id – Pemimpin partai Pracharat Wan Muhammad Nor dipilih untuk menjadi ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Thailand setelah aklamasi. Wan dicalonkan oleh Pita Limjaroenrat, calon perdana menteri dan pemimpin Partai Maju, yang meraih kemenangan pada pemilihan umum pada 14 Mei lalu tanpa pesaing.

“Saya akan bersikap tidak memihak secara politik saat menjalankan tugas saya,” kata Wan kepada wartawan seperti dikutip dari chanelnewsasia.com, Selasa (4/7/2023).

Politisi Muslim veteran dari ujung selatan Thailand memenangkan pemilihan setelah sidang parlemen di mana anggota parlemen (MP) yang baru terpilih berkumpul untuk memilih Ketua DPR, Wakil Ketua Pertama dan Wakil Kedua yang baru.

Wan Muhammad yang berusia tujuh puluh sembilan tahun menyampaikan pidato kepada anggota parlemen setelah terpilih untuk posisi Ketua DPR Thailand. Ia mengatakan bahwa bersumpah untuk menjalankan tugasnya dengan transparansi, kejujuran dan menghormati Konstitusi, undang-undang, dan peraturan parlemen.

Baca Juga:  Dua Pria di Deli Serdang Tewas Diamuk Massa Setelah Ketahuan Curi Sapi

“Saya akan bekerja sama dengan dua orang yang akan menjadi Wakil Ketua untuk menentukan cara yang sistematis dalam mempertimbangkan rancangan undang-undang, mosi, dan pertanyaan agar anggota dapat menjalankan tugasnya dengan kemampuan penuh untuk kepentingan rakyat,” tambahnya.

Selain itu, Wan Muhamad juga berjanji untuk mendukung kerja setiap komite parlemen dalam menyelesaikan masalah rakyat serta mempromosikan dan mengembangkan demokrasi di negara Thailand.

Disisi lain, dalam pemilu bulan Mei tersebut, ketua DPR yang sekaligus pemimpin partai itu bergabung dengan Move Forward  dan Pheu Thai untuk membentuk koalisi dengan lima sekutu lainnya setelah pemilihan umum pada Mei, dan dimenangkan oleh partai maju.

Untuk diketahui, ketua DPR mengontrol duduk bersama parlemen, yang mencakup anggota parlemen dan senator. Hal itu menunjukkan Tuan Wan Muhamad akan memimpin pertemuan bersama di mana Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat memberikan suara untuk perdana menteri Thailand berikutnya.

Baca Juga:  Didukung Tiga Partai, Anies Berharap Koalisi Makin Solid

Lalu, ketua DPR adalah kepala cabang legislatif, yang merupakan salah satu dari tiga badan utama kekuasaan di Thailand.

Penulis: Andre l Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda