DaerahBerita

Pemerintah Siapkan Ruas Tol Baru untuk Dukung Arus NATARU 2023/2024

Jakarta, Deras.id –  Pemerintah melalui Kementerian PUPR berkomitmen menambah operasional jalan tol baru untuk mendukung arus lalu lintas pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan akhir tahun 2023, target tol 121 km diharapkan dapat beroperasi pada periode Nataru.

“Pembangunan jalan tol hingga akhir tahun 2023 ditargetkan sepanjang 357 km. Sampai November 2023 sepanjang 236 km sudah dioperasikan, selanjutnya sepanjang 121 km juga akan dapat dioperasikan fungsional pada saat Nataru,” ungkap Menteri Basuki dalam keterangan resmi, Jumat (8/12/2023).

Ruas tol operasional di Pulau Jawa meliputi beberapa proyek penting seperti Tol Cinere-Jagorawi, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Tol Cimanggis-Cibitung, dan lainnya. Penambahan ruas tol di Pulau Sumatera dan Pulau Sulawesi juga menjadi fokus, dengan peningkatan konektivitas dan pelayanan.

Baca Juga:  Cak Imin Tanggapi Wacana Pemerintah Subsidi Kendaraan Listrik

“Tol Jakarta Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang dan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA ruas Kartasura-Karanganom juga akan difungsionalkan selama Nataru. Sedangkan jalan nasional di Pulau Jawa yang siap digunakan sepanjang 4.581 km,” katanya.

Menteri Basuki menyatakan bahwa ruas tol baru ini akan membantu mengatasi lonjakan arus lalu lintas selama libur Nataru. Proses peningkatan dan pembangunan jalan tol ini dilakukan dengan cepat untuk memastikan kesiapan infrastruktur yang mendukung mobilitas masyarakat.

“Kami juga melakukan peningkatan jalan daerah melalui Inpres Jalan Daerah, diantaranya pada untuk jalan akses jalan tol di Lampung, akses pariwisata di Sumatera Utara, akses ke Puncak Bogor, serta ruas Paseh-Congeang untuk mendukung exit Tol Cisumdawu,” ungkapnya.

Pemerintah juga memastikan tidak ada kegiatan perbaikan jalan pada H-10 menjelang libur Natal dan Tahun Baru, sehingga arus lalu lintas dapat berjalan lancar. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan selama musim liburan.

Baca Juga:  Kontrol Harga Bahan Pokok, Jokowi Minta Pemerintah Daerah untuk Rajin Blusukan

Penulis: Putra Alam | Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda