Berita

Pemerintah Rencana Bangun Huntara untuk Korban Banjir di Banyuwangi

Banyuwangi, Deras.id – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berencana membangun hunian sementara (huntara) untuk korban banjir bandang yang terjadi di Banyuwangi belum lama ini. Hal tersebut dalam tahap komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Bupati Banyuwangi sudah berkomunikasi dengan saya, dan meminta difasilitasi dengan PTPN XII terkait penyediaan lahan untuk relokasi hunian sementara (huntara) bagi warga yang rumahnya rusak berat. Ini sekarang saya datang bersama salah satu direktur PTPN untuk melihat lokasinya,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi lokasi banjir, Rabu (8/11/2022).

Lebih lanjut Khofifah mengatakan bahwa sumber anggaran untuk huntara tersebut masih dalam tahap diskusi. Ia memastikan korban yang kehilangan rumah akibat banjir akan mendapatkan fasilitas dari pemerintah.

“Jika bangunannya ingin dibangun pemkab monggo, tapi kalau ingin dibangun pemprov kami siap untuk anggarannya. Masyarakat harus mendapatkan harapan saat rumahnya hanyut dan akan diganti oleh pemerintah,” terangnya.

Terjadi banjir bandang di enam desa Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi pada 3 November 2022. Akubatnya puluhan rumah serta tujuh fasilitas pemerintah dan umum rusak.

Oleh karenanya Pemprov Jatim menyediakan beberapa bantuan jangka pendek dan jangka panjang. Bantuan jangka pendek meliputi paket sembako, paket sanding, air bersih, MCK, peralatan masak, perlengkapan sekolah, dan pakaian. Serta bantuan jangka panjang mencakup relokasi hunian tetap dan dana Rp 50 Juta untuk pembangunan rumah.


Penulis: Aldy l Editor: Ifta

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda