NasionalBerita

Pelindo Persiapkan Kapal Laut Hadapi Lonjakan Pemudik Lebaran

Jakarta,Deras.id – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 telah mengambil langkah antisipatif menghadapi lonjakan pemudik yang diperkirakan akan meningkat hingga enam persen pada momen Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah atau 2024 Masehi. peningkatan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 785.880 orang di seluruh pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo Regional 4.

“Pasti ada, bisa 6 sampai 10 persen peningkatannya, karena berdasarkan data historical kadang di atasnya. 5 pelabuhan itu cukup ramai,” ungkap Executive Director Pelindo Regional 4, Abdul Azis, Kamis (28/3/2024).

Data menunjukkan bahwa lima pelabuhan dengan jumlah arus penumpang terbanyak pada momen mudik Lebaran tahun lalu adalah Pelabuhan Makassar, Parepare, Balikpapan, Ambon, dan Ternate. Dalam upaya mengantisipasi lonjakan penumpang, Pelindo Regional 4 telah meningkatkan fasilitas penunjang di pelabuhan-pelabuhan tersebut.

Baca Juga:  Rakernas KNPI 2023, Pemuda Harus Merumuskan Pembangunan Bangsa di Masa Depan

Abdul Aziz menegaskan bahwa puncak lonjakan arus penumpang terjadi sejak H-3 hari raya Lebaran, dengan peningkatan yang signifikan terjadi pada H-1. Oleh karena itu, pihaknya telah melakukan berbagai peningkatan dalam pola operasi, digitalisasi, serta pemenuhan fasilitas seperti penambahan kursi, penyejuk ruangan, dan perbaikan toilet di ruang tunggu penumpang.

“H minus satu sebenarnya paling banyak, pengalaman kita selama ini,” ungkapnya.

Dengan langkah-langkah antisipatif ini, diharapkan pelayanan kepada para pemudik dapat menjadi lebih optimal dan maksimal, sehingga perjalanan mereka dapat berlangsung dengan lancar dan nyaman. Upaya ini sejalan dengan komitmen Pelindo Regional 4 dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, terutama pada saat momen penting seperti mudik Lebaran.

“Jauh-jauh hari kita sudah mempersiapkan, karena ini bukan dadakan tetapi rutin setiap tahun. Persiapan kita tidak ada kekurangan, tentu saja ada minusnya tetapi masih koridor minorlah,” ujar Abdul Aziz.

Baca Juga:  Kekuatan Teknologi AS Berkurang, AUKUS Siap Berkolaborasi Lawan China

Penulis: Putra Alam | Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda