BeritaPolitikPolitik

PDIP Buka Peluang Koalisi dengan PKB-PPP di Pilgub Jateng

Jakarta, Deras.id – Partai demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) membukan peluang untuk berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024. PDIP mengklaim sudah mengutus pengurusnya untuk bertemu dengan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar dan petinggi PPP.

“Nama-nama yang disuarakan publik itu yang terus kami kaji, termasuk membangun kerja sama dengan partai politik. Kami sudah menugaskan ada yang bertemu dengan Cak Imin Ketua Umum PKB. Kemudian juga bertemu dengan PPP karena sebelumnya wakil Pak Ganjar itu, Gus Yasin itu juga dari PPP,” ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Hasto menyampaikan  bahwa PKB mengalami kenaikan kursi yang cukup signifikan pada Pileg 2024 kemaren.

Baca Juga:  Mantan Kabareskrim Susno Duaji Ungkap Alasan Gabung PKB

Sementara dengan PPP, PDIP menyebut sudah mempunyai kedekatan sejarah sejak lama.

Oleh karena itu, Hasto memandang peluang kerja sama dengan PKB dan PPP untuk Pilgub Jawa Tengah. Selain itu, Hasto juga mengatakan bahwa PDIP sudah menyiapkan kader internal untuk maju Pilkada Jawa Tengah 2024.

“Kalau kader dari internal ada. Kita memetakan politik. Jadi ada yang aktif tapi kami juga melakukan pemetaan politik, misalnya ada Mas Hendi (mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi), itu walikota semarang dua periode itu bagus,” kata Hasto.

Lebih lanjut Hasto mengatakan bahwa PDIP sudah mengeluarkan beberapa rekomendasi untuk calon kepala daerah beberapa  kabupaten kota. Sejumlah nama yang sudah muncul antara lain pasangan calon walikota Surabaya.

“Itu contohnya Surabaya itu pasangannya tetap, Pak Eri Cahyadi dan wakilnya Pak Armuji. Dan kemudian di Kabupaten Trenggalek itu juga sudah dikeluarkan, kemudian di beberapa wilayah di Kalimantan, Kutai Kartanegara itu sudah banyak, maka ada 70 (surat tugas).

Baca Juga:  PKB Klaim Wapres Ma’ruf Amin Dukung Cak Imin Maju Pilpres 2024

Diketahui, PKB sudah menyiapkan Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) untuk maju di Pilgub Jawa Tengah 2024. PKB Menilai elektabilitas dan popularitas Gus Yusuf cukuk tinggi di Jawa Tengah.

“Kita usahakan (Gus Yusuf menang), kita yakinkan (sodorkan atau sampaikan) ke partai lain kalau Gus Yusuf calon gubernur yang masih tertinggi dibandingkan yang lain,” ujar Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, PKB terus mempromosikan Gus Yusuf sebagai calon gubernur Jawa Tengah. PKB berharap partai lain akan ikut mengusung Gus Yusuf di Pilgub Jawa Tengah 2024.

Penulis: Diraf l Editor: Muhibudin Kamali

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda