PolitikBerita

Pasangan Anies-Muhamin Bakal Daftar KPU di Hari Pertama Dibuka

Jakarta, Deras.id – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Gus Imin (AMIN) rencana bakal mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari pertama dibuka yaitu tanggal 19 Oktober 2023.

Hal ini dibenarkan oleh KPU yang telah menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran Anies-Gus Imin sebagai Capres-Cawapres 2024.

“Pada hari Sabtu (14/10/2023) sore, kami telah mendapatkan surat, menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran partai koalisi, atau gabungan partai politik dari Partai NasDem, Partai PKB, dan Partai PKS, berencana akan mendaftarkan bakal pasangan calon presiden dan wakil presidennya pada hari pertama tanggal 19 Oktober 2023 Jam 8 pagi sampai dengan selesai,” ujar Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik di Jakarta, Senin (16/10/2023).

Baca Juga:  Din Syamsudin Dukung Pasangan AMIN di Pilpres 2024

Idham menyampaikan bahwa surat pemberitahuan tersebut bertujuan agar tidak terjadi bentrokan dengan pasangan lain. Selain itu, dia berharap dengan adanya pemberitahuan tersebut proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar.

“Pemberitahuan surat tersebut atau penyampaian surat tersebut itu dengan tujuan untuk memastikan proses penerimaan pendaftaran berjalan lancar, tidak terjadinya bentrok waktu pendaftaran,” kata Idham.

Lebih lanjut, Idham juga mengimbau kepada pasangan Capres-Cawapres lain yang akan mendaftar ke KPU, untuk memberikan surat pemberitahuan terlebih dahulu kepada KPU.

Menurutnya, surat tersebut wajib disampaikan minimal sehari sebelum pendaftaran.

“Partai politik atau gabungan partai politik wajib menyampaikan surat pemberitahuan kepada KPU, paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden,” jelas Idham.

Baca Juga:  Jelang Imlek 2023, Polda Metro Jaya Terjunkan 4.550 Personel Gabungan di 225 Vihara Jakarta

Diketahui sebelumnya, Sekjen DPP Nasdem Hermawi F Taslim menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengirimkan surat pemberitahuan pendaftaran AMIN dan sudah diterima oleh KPU.

Menurutnya, pasangan AMIN akan mendaftar ke KPU pada hari pertama dibuka, yaitu Kamis, 19 Oktober 2023.

“Sudah kami masukkan dan sudah diterima KPU,” Ucap Hermawi, Sabtu (14/10/2023).

Sementara, Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid menambahkan bahwa dengan surat pemberitahun tersebut, maka proses pendaftaran akan segera dilakukan.

Menurutnya, pasangan AMIN akan menjadi pasangan Capres-Cawapres pertama yang mendaftar ke KPU.

“InsyaAllah kami jadi pasangan pertama dan akan tiba sekitar pukul 08.00 pagi,” pungkasnya.

Penulis: Diraf l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda