BeritaNasionalUncategorized

Optimisme Masyarakat terhadap Kondisi Ekonomi Meningkat pada April 2024

Nasional, Deras.Id – Optimisme masyarakat kian meningkat terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada bulan April dibandingkan kondisi yang terjadi pada bulan Maret yang lalu.

Selaras dengan survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI), dalam temuannya BI mencatat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada bulan April 2024 mencapai angka 127,7. Angka ini tentu lebih tinggi jika dibandingkan pada bulan Maret (123,8).

Erwin Haryono selaku Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI memaparkan bahwa keyakinan masyarakat selaku konsumen di bulan April semakin meningkat. Sebagaimana fakta menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

Kedua indeks ini, masing-masingnya tercatat sebesar 119,4 dan 136,0 pada April 2024, meningkat dari 113,8 dan 133,8 pada Maret 2024.

Baca Juga:  Tensi Geopolitik Tinggi, Penyebab Ekonomi Global Suram Pascapandemi

“IKE tercatat meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, terutama pada Indeks Penghasilan saat ini,” jelas Erwin melalui keterangan resmi, Senin (13/5/2024).

Selaras dengan hal tersebut, Erwin mengafirmasikan bahwa IEK juga menguat pada seluruh komponen pembentuknya, utamanya pada Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha. Sedangkan keyakinan konsumen di bulan April tahun 2024 jejaknya terlihat mengalami peningkatan pada seluruh kategori pengeluaran dan kelompok usia.

Lebih spesifik lagi terkait optimisme masyarakat, angka tertinggi didapatkan dari responden dengan rata rata pengeluaran Rp3 juta, Rp1 juta-Rp4 juta, dan pada kelompok usia 51-60 tahun. Sedangkan secara spasial berdasarkan beberapa titik wilayah tertentu, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, terbesar di Kota Surabaya naik 13,5 poin, diikuti Bandar Lampung naik 12,8 poin, dan Pontianak naik 11,1 poin.

Baca Juga:  Film ‘Lord of The Rings: Return of The King’ Akan Tayang Kembali di Bioskop Bulan April

Penulis: M.F.S.A I Editor: Dinda

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda