Suksesi 2024Berita

Nusron Wahid Klaim Kiai Munif Dukung Gibran, PKB: Beliau Istiqomah Dukung Gus Muhaimin

Jakarta, Deras.id – Politisi Golkar Nusron Wahid mengklaim pertemuan Pengasuh Pondok Pesantren Girikesumo Demak KH Munif Muhammad Zuhri dengan Gibran Rakabuming Raka merupakan bentuk dukungan kepada Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju tersebut.

Menanggapi hal tersebut, PKB menyampaikan bahwa Kiai Munif Istiqomah mendukung Ketua Umum PKB Gus Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres di Pilpres 2024.

“Saya sudah matur (menyampaikan) ke Kiai Munif. Kiai Munif juga tidak berkenan dengan cara-cara Nusron yang seperti ini. Kiai Munif menyatakan istiqomah mendukung Gus Muhaimin,” ujar Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah Fuad Hidayat, dikutip Kamis (2/11/2023).

Fuad menyampaikan bahwa Kiai Munif merupakan Ketua Dewam Syuro PKB Jawa Tengah. Sehingga menurutnya, sangat tidak mungkin beliau mendukung calon di luar PKB.

Baca Juga:  Gus Muhaimin Dicurhati Masyarakat Buleleng Soal Bandara Bali Utara

“Sudah jelas Kiai Munif Ketua Dewan Syuro PKB Jateng kok,” kata Fuad.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah tersebut menjelaskan bahwa pertemuan antara Kiai Munif dan Gibran merupakan silaturahim biasa.

Menurutnya, sebagai tokoh sesepuh di Jawa Tengah, Kiai Munif terbuka komunikasi dengan siapa pun.

“Saya tahu persis hari itu agenda pribadi Kiai Munif ziarah di daerah Solo. Kemudian Mas Gibran mempersilakan Kiai Munif pinarak (mampir). Sebagai sesepuh Jawa Tengah atau bahkan Indonesia, Mbah Munif tentu tidak bisa menutup pintu komunikasi dengan banyak pihak yang ingin bertemu,” jelas Fuad.

Dia menilai, pertemuan tersebut kemudian dipolitisasi oleh Nusron Wahid. Sehingga menurutnya, terlihat seolah-olah Kiai Munif mendukung Gibran.

“Nusron telah mencopet Kiai Munif untuk kepentingan politik. Seharusnya dia tidak mengobok-obok internal partai lain. Saling menjaga kehormatan dan etika berdemokrasi,” tutur Fuad.

Baca Juga:  Cadangan Gas Baru Ditemukan SKK Migas di Maluku Tengah

Lebih lanjut, Fuad mengingatkan Nusron Wahid untuk tidak mempolitisasi Kiai agar tidak memecah belah dan mengadu domba para kiai. Sebab menurutnya, ini bukan kali pertama Nusron menarik-narik para kiai dalam momentum politik. 

“Sebagai politisi sebaiknya ulah begini diakhiri karena hal itu memecah belah dan mengadu domba kiai. Mari kita jaga marwah para kiai,” tegas Fuad.

Dia menegaskan bahwa PKB Jawa Tengah solid mendukung Gus Imin di pilpres 2024. Bahkan menurutnya, beberapa waktu lalu Kiai Munif sudah mengumpulkan kiai se-Jawa Tengah di Pondok Pesantren Girikusumo Demak untuk mendukung Gus Imin sebagai cawapres.

Penulis: Diraf l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda