Berita

Motor Listrik Buatan SMK di Jember Ini Mampu Tempuh 100 Kilo Meter Sekali Charger

Advertisement

Jember, Deras.id– Kolaborasi apik antara siswa SMKN 2 Jember, bersama SMKN 7Jember yang berhasil rakit motor listrik dengan daya baterai. Motor yang sudah selesai uji coba tersebut, diklaim bisa tembus jarak tempuh sampai 100 Km dari posisi baterai penuh hingga habis.

 Motor listrik buatan lokal tersebut, sudah selesai di pamerkan dalam ajang bergengsi yakni touring kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, yang digelar di Alun-alun Kabupaten Jember pada, Jumat (11/11/22) siang tadi.

Kepala Sekolah SMKN 2 Jember Suprihartono mengatakan, inisiatif merancang motor listrik tersebut berasal dari implementasi Kurikulum Merdeka. Pihaknya juga menambahkan melalui kurikulum tersebut, sekolah didorong untuk berinovasi dengan melibatkan siswa.

“Kami berupaya mewujudkannya, Alhamdulillah untuk jurusan otomotif guru dan siswanya ini bisa menciptakan sebuah sepeda (Motor. Red)  listrik yang dirancang sangat ramah lingkungan, dan sekali charger bisa tembus 90,4 KM,” katanya kepada Deras.id

Baca Juga:  Polda Lampung Musnahkan Narkotika Sebanyak 171,5 Kilo

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMKN 7 Jember Rahma Hindana melanjutkan, meskipun sekolahnya  berada di pinggir kota. Namun pihaknya cukup bangga lantaran siswanya bisa merakit motor listrik yang cukup luar biasa.

“Walaupun kami sekolah di pinggiran, tapi siswa kami bisa menunjukkan prestasi motor listrik garapan siswa yang luar biasa, Alhamdulillah sekolah pinggiran bisa berprestasi” tambahnya.

Advertisement

Kepala Seksi (Kasi) SMK SMA PKPKL Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Jember Muhammad Khotib mengatakan, jika sudah banyak prestasi yang ditorehkan oleh siswa SMK dari Jember. Bahkan pihaknya juga sempat menyinggung, jika Kadispendik Jawa Timur sengaja datang ke Jember hanya untuk melihat karya siswa SMK sebulan lalu.

“Kami sangat bangga mas dengan inovasi-inovasi siswa kita yang bisa bersaing secara nasional, bahkan Lembaga SMK kami siap produksi masal berkaitan dengan pemenuhan sepeda motor listrik,” tutup mantan Aktivis PMII itu.

Pernyataan Khotib tersebut langsung di respon oleh Bupati Jember Hendy Siswanto yang mengatakan, jika pihaknya siap memfasilitasi dan memberikan reward bagi siswa yang berprestasi dalam dunia otomotif tersebut.

Advertisement

“Siap menjembatani dan memberikan reward kepada siswa SMK di Jember, khusus siswa yang memiliki ide-ide cemerlang dalam dunia motor listrik,” tutupnya.

Penulis : Kusairi|Editor : Rifa’i

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda