NasionalBerita

MenPAN-RB Terbitkan Panduan Pengadaan Pegawai ASN Tahun 2024

Jakarta, Deras.id –Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas, mengeluarkan Keputusan Nomor 173 Tahun 2024 yang mengatur panduan penyusunan rincian kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tahun 2024. Keputusan ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik melalui penataan pegawai non-ASN di instansi pemerintah, fokus pada pelayanan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan, serta pemenuhan talenta digital untuk mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Keputusan Nomor 173 Tahun 2024 yang mengatur panduan penyusunan rincian kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tahun 2024,”

kata MenPAN-RB, Abdullah Azwar Anas, Selasa (19/3/2023).

Pengadaan pegawai ASN tahun 2024 meliputi beberapa aspek penting, yaitu:

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Pegawai Non-ASN: Keputusan MenPAN-RB mencakup pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja bagi Eks THK II serta pegawai non-ASN.

Baca Juga:  Menteri Pertama Skotlandia Mengundurkan Diri Setelah 8 Tahun Menjabat

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS): Proses rekrutmen CPNS tetap menjadi bagian penting dalam pengadaan pegawai ASN tahun ini.

Jabatan Fungsional dan Pelaksana: Pengadaan pegawai ASN mencakup jabatan fungsional dan jabatan pelaksana sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah.

Rincian kebutuhan pegawai ASN harus memuat informasi yang jelas, antara lain:

  • Jenis pengadaan
  • Nama jabatan
  • Deskripsi jabatan
  • Kualifikasi pendidikan
  • Alokasi formasi
  • Unit penempatan
  • Rentang penghasilan

Instansi pemerintah diarahkan untuk menyusun rincian kebutuhan pegawai ASN tahun 2024 berdasarkan panduan yang telah ditetapkan oleh MenPAN-RB dan memanfaatkan layanan elektronik yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Setelah rincian kebutuhan disampaikan melalui layanan tersebut, BKN akan melakukan verifikasi data sebelum disampaikan kembali kepada Menteri.

Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Keputusan MenPAN-RB Nomor 173 Tahun 2024, dapat mengunduh secara langsung melalui situs resmi JDIH MenPAN-RB atau melalui link yang tersedia. Hal ini diharapkan dapat memberikan panduan yang komprehensif bagi instansi pemerintah dalam menyusun kebutuhan pegawai ASN tahun 2024 sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.

Baca Juga:  Mahfud MD BeberkanTujuan Pemerintah Terbitkan Perppu Cipta Kerja

Penulis: Putra Alam | Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda