Berita

KPU JATIM Ajak Pemilih Pemula Jadi Agen Sosialisasi Pemilu 2024

Advertisement

Jember, Deras.id – KPU Jawa Timur bekerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan melakukan sosialisasi tahapan pemilu pada golongan pemilih pemula, Kamis (03/11/2022). Sosialisasi yang berlangsung di Aula Cabdin Prov Jatim Wil Jember ini menyasar para pelajar SLTA yang diwakili oleh pengurus OSIS se- Jember. 

Dalam sosialisasi tersebut, komisioner KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro menegaskan pentingnya penyelenggaraan pemilu yang demokratis dan  berkualitas. Untuk itu perlu adanya sosialisasi yang masif tentang tahapan pemilu, utamanya pada golongan pemilih pemula. 

“Pemilih pemula adalah calon pemimpin masa depan dan pertama kalinya memberikan suara dalam pemilu. Sehingga perlu diberi pemahaman yang baik tentang demokrasi,” ungkapnya dilansir dari Diskominfo Jatim. 

Terpisah, kepala cabang dinas pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Jember, Mahrus Syamsul menyatakan dukungannya kepada KPU yang gencar melakukan sosialisasi dengan menggandeng instansi pendidikan. 

Baca Juga:  Kecewa pada Ganjar, Netizen Teriakkan Anti PDIP

“Di sekolah SMA dan SMK sesungguhnya peserta didik telah diajarkan bagaimana berdemokrasi yang baik melalui tahapan-tahapan, contohnya pemilihan ketua OSIS yang didesain layaknya kepanitiaan  dan tahapan pemilihan umum,” imbuh Mahrus.

Untuk memaksimalkan sosialisasi, KPU Jember akan melakukan perluasan kegiatan melalui kerjasama mitra instansi mengajar dengan KPU. Tujuannya, agar angka golput pada pemilih pemula dapat ditekan serta sebagai upaya untuk mendukung terlaksananya pemilu yang demokratis dan berkualitas. 

Advertisement

“Sehingga acara yang diselenggarakan KPU Jatim yang Bekerjasama dengan Cabdin Prov Jatim Wil Jember harus ditingkatkan dan terus disinergikan” Pungkas komisioner KPU Jember Andi Waziz.

Penulis: Ani | Editor: Dian 

Advertisement


Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda