BeritaInternasional

Kawasan Hutan di Spanyol Terbakar, Ribuan Orang Dievakuasi

La Palma, Deras.id – Kawasan hutan di salah satu pulau Spanyol, La Palma terbakar, sedikitnya 4.000 orang di evakuasi. Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang tidak terkendali akibat cuaca yang ekstrem yang melanda.

“Sulit, agak sulit karena angin yang berubah dan panas di hari-hari terakhir, tetapi kami bertahan,” kaya Jose Fernandez seorang petugas pemadam kebakaran, seperti dikutip dari reuters.com, Senin (17/7/2023).

Kebakaran di La Palma menyebabkan evakuasi orang-orang dari dua desa Puntagorda dan tetangga Tijarafe.

Sepuluh unit udara dan 300 petugas pemadam kebakaran di lapangan berusaha untuk mengendalikan api di utara pulau itu. Pulau yang merupakan bagian dari kepulauan Canaries di lepas pantai Afrika barat telah mengalami suhu ekstrem yang serupa dengan gelombang panas yang melanda Eropa Selatan.

Baca Juga:  3 Penjelasan Kenapa Spanyol Takluk di Tangan Maroko, Nomor 1 Tak Termaafkan untuk Enrique

“Sekarang kita akan melakukan tembakan teknis di perimeter ini. Kami akan mulai membakar lereng itu sehingga akan turun dan berhenti di jalan,” kata Manuel.

“Itulah yang akan kami lakukan untuk mengamankan seluruh area ini dan mencoba menyelamatkan sebuah rumah. Pada malam hari angin akan datang dari puncak gunung ke bawah dan jika kita tidak menutup area ini, itu bisa melompati,” tambahnya.

Sedikitnya 20 rumah hancur saat kebakaran meluas dan kemungkinan akan terus bertambah. Dalam proses evakuasi, sebagian masyarakat menolak untuk meninggalkan rumah.

“Ada penolakan dari masyarakat setempat untuk meninggalkan rumah, tapi saya mengimbau masyarakat untuk bertanggung jawab,” kata Fernando Clavijo, Kepala wilayah kepulauan Canary.

Diketahui, api telah mempengaruhi lebih dari 4.650 hektar (11.490 acre), menurut pihak berwenang. Sementara, di Tenerife, salah satu wilayah yang terbakar memaksakan 50 orang dievakuasi dan menghancurkan sekitar 60 hektar.

Baca Juga:  Kapolri Ungkap Penyebab Helikopter Kapolda Jambi Mendarat di Tengah Hutan

Sebagai tambahan, kebakaran hutan adalah krisis alam pertama di pulau itu sejak letusan gunung berapi pada September 2021. Lebih dari 2.000 bangunan hancur dan ribuan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka ketika lahar mulai keluar dari gunung berapi Cumbre Vieja.

Penulis: Andre l Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda