NasionalBerita

Jokowi Sebut KPK Sudah Bagus, Namun Perlu Ada Perbaikan

Jakarta, Deras.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menjalankan tugas dengan baik sebagai sebuah lembaga negara.

“Ya lembaganya kan bagus. Lembaganya kan bagus. Sistemnya sudah bagus. Tiap bulan juga ada OTT (operasi tangkap tangan),” ujar Jokowi di Binjai, Sumatera Utara, Jumat (25/8/2023).

Jokowi mengakui setiap lembaga negara masih mempunyai kelemahan termasuk KPK. Meskipun demikian, kelemahan tersebut masih bisa terus diperbaiki.

“Mesti ada yang perlu dievaluasi, diperbaiki, saya kira semua lembaga ada kurangnya,” kata Jokowi.

Diketahui sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengaku pernah meminta kepada Presiden Jokowi untuk membubarkan KPK. Megawati menilai KPK sudah tidak efektif lagi sebagai lembaga penegak hukum.

“Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, ‘sudah deh bubarkan saja KPK itu pak, menurut saya enggak efektif’,” ucap Megawati di The Tribata, Jakarta, Senin (21/8/2023).

Baca Juga:  Kondisi Geopolitik China - Taiwan Makin Memanas

Megawati mengungkapkan sering merasa perihatin dengan penegakan hukum di Indonesia yang tidak berjalan dengan baik. Menurutnya, praktik korupsi di Indonesia masih merajarela meskipun sudah ada KPK. 

“Lihat noh rakyat yang masih miskin, ngapain kamu korupsi akhirnya masuk penjara juga, bohong kalau enggak kelihatan, persoalannya penegak hukumnya mau tidak menjalankan hukum di Indonesia ini yang sudah susah payah saya buat,” ungkap Megawati.

Presiden RI ke-5 tersebut juga menjelaskan kondisi tersebut semakin miris karena pemerintah masih memungut pajak dari rakyat dengan dalih kewajiban untuk negara.

Sementara menurutnya, banyak oknum yang memanfaatkan jabatannya untuk merampok uang negara yang berasal dari pajak rakyat tersebut.

Penulis: Diraf l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda