NasionalBerita

Jokowi Bakal Wakili OKI Temui Joe Biden untuk Hentikan Perang Hamas-Israel

Advertisement

Jakarta, Deras.id – Presiden Joko Widodo akan mewakili negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menemui Presiden Amerika Serikat Joe Biden soal Gaza pada pekan depan. Jokowi bakal mendesak Joe Biden untuk menghentikan perang antara Hamas dengan Israel di Gaza, Palestina.

“Dari hasil OKI nanti saya akan diutus untuk menyampaikan kepada Presiden Joe Biden agar perang di Hamas-Israel bisa disetop, bisa segera dihentikan,” ujar Jokowi di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023).

Diketahui, Jokowi akan terbang ke Arab Saudi pada Jumat (10/11/2023) malam. Jokowi akan berunding dengan negara-negara OKI untuk membahas soal Gaza sebelum menemui Joe Biden.

“Belum bicara tapi yang jelas nanti insyaallah besok malam saya akan meluncur ke Saudi Arabia untuk ikut dalam KTT OKI khusus Gaza,” ucap Jokowi.

Baca Juga:  Penularan Varian XBB Lebih Cepat, Pemerintah Ingin Masyarakat Sadar Vaksin Booster

Jokowi mengatakan bahwa antusiasme masyarakat Indonesia untuk membantu Palestina sangat besar. Pemerintah bersama dengan OKI akan berupaya menyalurkan bantuan-bantuan tersebut dengan baik.

“Mungkin nanti kedua, ketiga, keempat, kelima saya kira terus akan kita ajak masyarakat untuk membantu saudara kita yang ada di Palestina, di Gaza utamanya,” kata Jokowi.

Advertisement

Meskipun demikian, Jokowi belum membeberkan poin apa saja yang akan disampaikan ke Biden. Namun ia memastikan, bahwa posisi Indonesia akan selalu berpihak pada Palestina.

Sebelumnya, Hamas dan Israel berperang di Gaza sejak beberapa bulan lalu. Akibat peperangan tersebut, puluhan ribu orang menjadi korban jiwa dalam perang di Gaza tersebut.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah Indonesia melalui menteri luar negeri telah mendesak gencatan senjata melalui Dewan Keamanan PBB. Namun desakan tersebut belum terwujud akibat Inggris dan Amerika Serikat Menolak.

Advertisement

Penulis: Diraf l Editor: Rifai

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda