BeritaNasional

Jelang Penetapan Hasil Pemilu 2024, Polisi Kerahkan 4.992 Personel Amankan Demo

Jakarta, Deras.id – Mabes Polri mengerahkan sebanyak 4.992 personel untuk mengawal tahapan pengumuman hasil rekapitulasi suara pemilihan umum (pemilu) 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Hal tersebut dilakukan sebagai  langkah antisipasi pengamanan demonstrasi yang rencananya digelar selama tiga hari berturut-turut di beberapa titik.

“Jumlah personel yang disampaikan pada titik pengamanan sebanyak 4.992 personel Polri, gabungan juga dengan stakeholder dan juga terdiri satgaspus atau pusat Mabes Polri dan juga satgas daerah yaitu Polda Metro Jaya,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan dikutip Deras.id, Senin (18/3/2024).

Demonstrasi rencananya dilakukan secara berturut-turut mulai hari Senin (18/3/2024) sampai hari Rabu (20/3/2024). Adapun titik pengamanan mulai dari kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca Juga:  Polisi Berhasil Tangkap 3 Pencuri Baterai Tower Telkomsel dan Indosat

Arus lalu lintas pada titik tersebut akan ditutup atau dialihkan sesuai dengan dinamika situasi di lapangan. Ia mengimbau kepada masyarakat yang akan menyampaikan pendapat harus sesuai dengan aturan yang ada.

“Terkait dengan penyampaian atau kebebasan mengungkapkan pendapat di muka umum, tentu sudah diatur dalam peraturan undang-undangan. Artinya segala sesuatu yang mengungkapkan pendapat secara konstitusi dibolehkan. Namun demikian, secara hukum diatur, secara undang-undang diatur,” tuturTrunoyudo Wisnu Andiko.

“Maka Polri akan melakukan pengamanan sebagai koridor pengamanan karena salah satu daripada kehidupan bermasyarakat dalam mengungkapkan pendapat, tentu Polri akan mengamankan sebagaimana koridor pada aturan undang-undang yang berlaku,” imbuhnya.

Diketahui, pengumuman penetapan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada, Rabu (20/3/2024). Pihaknya telah mengantisipasi dan menyiapkan langkah persuasif, edukatif dalam pengamanan.

Baca Juga:  BRIN  Perdalam Historiografi Jalur Rempah Banten

“Ruang-ruang untuk menyampaikan pendapat seperti yang disampaikan Kapolri jika ada yang ingin menyampaikan pendapat, ada yang protes silakan sepanjang tidak anarkis, kita akan terus memberikan pelayanan terbaik,” jelas Kepala Operasi Mantap Brata, Komjen Fadil Imran.

Penulis: Risca l Editor: Dinda

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda