BeritaInternasional

Indonesia Gagas OKI Rapat Darurat Bahas Dampak Perang Hamas-Israel di Gaza

Jakarta, Deras.id – Perang antara Hamas dengan Israel di Gaza menarik perhatian banyak negara termasuk Indonesia. Sebagai respons atas insiden tersebut, Indonesia bersama Organisasi Kerja sama Internsional (OKI) akan menggelar rapat darurat tingkat menteri di Riyadh, Arab Saudi pada Rabu, 18 Oktober besok.

“Indonesia dan sejumlah negara OKI mengusulkan segera dilakukan Pertemuan Khusus Tingkat Menteri. Pertemuan Luar Biasa Tingkat Menteri OKI membahas situasi di Palestina akan dilaksanakan di Jeddah pada 18 Oktober 2023,” bunyi keterangan tertulis akun X @Kemlu_RI.

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri terus melaksanakan komunikasi dengan negara sahabat terkait perang yang telah menewaskan ribuan orang tersebut. Salah satu hal yang akan dibahas adalah langkah setiap negara untuk mengatasi kondisi tersebut dan mencegah terjadinya kondisi yang semakin buruk.

Baca Juga:  Aliansi Sejuta Buruh Sebut Beberapa Pasal Cipta Kerja Berbahaya bagi Lingkungan Hidup

Rencananya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan terbang langsung ke Jeddah setelah mendampingi kunjungan resmi Presiden Joko Widodo di Beijing sejak Senin kemarin.

Perang antara Hamas dan Israel di Gaza telah terjadi sejak 7 Oktober kemarin. Sejumlah negara, organisasi internasional, hingga publik figur baik Indonesia maupun negara lain mengecam serangan besar tersebut.

Selain Indonesia, negara lain yang melayangkan dukungan ke Palestina di antaranya Kanada, Iran, Turki, dan China. Lima negara tersebut telah mengirimkan bantuan kemanusiaan termasuk makanan, air, peralatan medis, layanan darurat, persenjataan, dan beberapa bantuan lainnya.

Penulis: Ifta l Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda