BeritaNasional

Indonesia Dicoret FIFA, AHY Sebut Penyebabnya Kepentingan Politik

Advertisement

Jakarta, Deras.id – Keputusan FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menuai polemik. Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut kepentingan politik pihak tertentu jadi penyebabnya.

“Tekanan dan kepentingan politik ini bahkan bukan hanya masuk dalam ranah hukum. Dunia olahraga kita pun kena imbasnya,” ujar AHY di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Senin (3/4/2023).

AHY mengatakan, harapan masyarakat Indonesia melihat timnas kebanggaan tampil di gelaran internasional harus dikubur dalam-dalam akibat kepentingan politik beberapa pihak. 

Terlebih, Indonesia sudah menyiapkan tiga tahun yang lalu untuk gelaran akbar tersebut.

“Penantian panjang rakyat Indonesia, ditambah masa persiapan tiga tahun agar tim sepak bola nasional berlaga di Piala Dunia U-20 harus kandas hanya karena ada kepentingan politik pihak tertentu,” ungkap AHY.

Baca Juga:  Demokrat Pertanyakan SOP Penindakan KPK Jangan ‘Ujug-Ujug’ Tersangka

Mantan perwira militer tersebut menilai, menjelang tahun politik semua pihak mempunyai kepentingan untuk pemilu 2024. Termasuk elit politik dan penguasa yang mengorbankan cita-cita anak bangsa dalam ajang sepak bola dunia demi kepentingan politik.

Advertisement

“Bagian dari elit dan penguasa di negeri ini. Apalagi kini sudah memasuki tahun politik, menjelang pemilu 2024,” katanya.

Baca Juga:  Nasdem Diam - Diam Bidik Kader NU untuk Jadi Cawapres Pendamping Anies Baswedan

Sebelumnya, AHY juga menyampaikan kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 memberikan dampak kerugian bagi negara Indonesia.

Selain itu, Indonesia juga akan tercemar nama baiknya di kancah sepak bola Internasional karena dianggap tidak komitmen.

Advertisement

“Ini kan semua sudah diperbaiki nih, sudah disiapkan, itu uang siapa? Uang negara, uang rakyar. Jadi rugi lah kita udah berapa stadion Indonesia yang dipersolek supaya jadi, supaya pantas dan siap menjadi tuan rumah tadi,” kata AHY, Jumat (31/3/2023) lalu. 

“Buruknya nama Indonesia di dunia Internasional, karena dianggap tidak punya komitmen,” imbuhnya.

Menurut AHY, Indonesia telah membuat kecewa para atlet-atlet yang sudah melakukan persiapan yang matang. Selain itu, banyak para pecinta sepak bola nasional merasa tidak terima dengan gagalnya Piala Dunia U-20.

Baca Juga:  Gubernur Maluku Utara Kena OTT KPK, 15 Orang Ditangkap

Sejumlah pihak diketahui menolak kedatangan timnas Israel yang akan berlaga melawan skuad garuda muda U-20. Penolakan tersebut kemudian berimbas pada pencabutan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA. 

Penulis: Diraf  l Editor: Rifai

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda