NasionalBerita

Indonesia Buka Peluang Kerja Sama dengan Australia Bidang Transformasi Digital

Jakarta, Deras.id – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) menjalin kerja sama dengan Australia di bidang transformasi digital.

Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas berharap dengan adanya kerja sama tersebut dapat melihat bagaimana penerapan digitalisasi dalam pelaksanaan kerja – kerja pemerintahan yang sudah berhasil di lakukan di Australia.

“Kami berharap dapat juga diberikan lesson learnt penerapan kebijakan digitaliasasi dan data yang terpadu dalam kerangka GovTech di Australia, sehingga menjadi pembelajaran kami dalam penerapan yang masih sangat baru di pemerintah Indonesia,” terang Azwar Anas dalam keterangan resmi dikutip Deras.id, Rabu (20/3/2024).

Anas menyampaikan fokus pelaksanaan transformasi digital yang akan dilakukan yakni pada sektor pelayanan publik dasar seperti pendidikan, kesehatan dan sosial. Anas menceritakan dalam kunjungannya ke Australia pada akhir tahun 2023, dirinya telah melihat langsung bagaimana praktik digitalisasi kerja – kerja pemerintahan.

Baca Juga:  Menteri Saudi Berikan Penghargaan Kepada Indonesia Atas Aplikasi Haji Pintar

“Kami berfokus pada pelayanan publik dasar, seperti pendidikan, kesehatan, dan sosial, serta serupa juga dengan Australia yakni Digital ID, maka pemerintah Indonesia juga mengupayakan di dalamnya,” terangnya.

Anas menyebut saat ini Indonesia telah menjalin kerja sama dengan pemerintah Australia dalam bidang Perekonomian. Ia berharap kerja sama serupa juga dapat terjalin khususnya dalam hal transformasi digital.

“Saat ini pemerintah Australia sudah memiliki kerja sama dengan Menteri Koordinator Perekonomian di Indonesia, maka di masa yang akan datang, sektor teknologi digital juga memerlukan hal serupa, sehingga ada MoU secara terpisah dengan Ibu Katy Gallagher mengenai transformasi digital dan data di Indonesia,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pertemuan penjajakan kerja sama dalam bidang transformasi digital tersebut dihadiri oleh Australian Chargé d’Affaires to Indonesia Steve Scott beserta tim dari Pemerintah Australia.

Baca Juga:  Nelayan Indonesia Tetap Boleh Tangkap Ikan di Pulau Pasir

Penulis: Fausi | Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda