NasionalBerita

IDI Himbau Pemudik Waspadai Penyakit Menular Saat Mudik Lebaran

Jakarta,Deras.id – Anggota bidang kajian penanggulangan penyakit menular dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Erlina Burhan menghimbau pemudik agar mewaspadai penyakit menular saat mudik lebaran. Hal itu disampaikan dalam diskusi daring yang digelar di Jakarta pada Rabu (27/3/2024) dengan tema, Menjelang Mudik Lebaran.

“Musim hujan juga dapat menurunkan sistem imunitas seseorang, meningkatkan kerentanan terhadap penyakit,” kata Erlina, pada Rabu (27/3/2024).

Erlina menjelaskan bahwa perubahan iklim dapat meningkatkan risiko kesehatan bagi para pemudik. Ia menekankan pentingnya kesadaran diri dalam menjaga kesehatan, terutama bagi mereka yang rentan terinfeksi. Selama musim mudik, Erlina mendorong penggunaan masker sebagai langkah pencegahan utama terhadap penyakit menular seperti Covid-19 dan flu Singapura yang kasusnya sedang meningkat.

Baca Juga:  Sudah Dua Pekan Banjir Tak Surut, Warga Diminta Ngungsi ke Kantor Desa

“Kalau Anda berisiko mudah terinfeksi seperti orang tua, orang dengan komorbid, punya risiko untuk tertular (penyakit), kita harus sadar diri saja untuk memakai masker,” lanjutnya.

Flu Singapura, disebabkan oleh coxsackievirus, memiliki berbagai mode penularan, termasuk kontak langsung dengan penderita atau melalui droplet yang tersebar di udara. Meskipun jarang berujung pada kematian, Erlina menyoroti pentingnya tindakan pencegahan seperti etika batuk, menjaga kebersihan tangan, dan menjaga higienitas tubuh.

“Prinsip penanganannya adalah bersifat suportif dan pemberian obat sesuai gejala. Karena belum ada vaksin untuk flu Singapura, pastikan melakukan etika ketika batuk dan kurangi kontak langsung dengan individu lain serta sterilisasi tangan dan jaga higienitas tubuh dengan mandi setiap hari,” ujarnya.

Data yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan menunjukkan peningkatan kasus flu Singapura di Indonesia, dengan 5.461 kasus tercatat hingga pekan ke-11 tahun 2024. Di wilayah Banten dan Depok saja, terdapat ratusan kasus yang dilaporkan sejak awal tahun.

Baca Juga:  UMP DKI Jakarta naik 5,6 persen

Peningkatan kasus ini menegaskan pentingnya kesadaran akan risiko penyakit menular saat musim mudik. Erlina menekankan perlunya langkah-langkah pencegahan yang ketat, termasuk penggunaan masker, menjaga kebersihan diri, dan menghindari kontak langsung dengan individu lain.

Penulis: Putra Alam | Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda