NasionalBerita

Hujan Deras Guyur Jakarta Sejak Dini Hari, Sejumlah Daerah Tergenang Banjir

Jakarta,Deras.id- Hujan deras melanda wilayah DKI Jakarta sejak dini hari Jumat (22/3/2024) menyebabkan sejumlah ruas jalan dan permukiman warga tergenang air. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan bahwa setidaknya empat Rukun Tetangga (RT) dan 23 ruas jalan dilanda genangan.

“Data terakhir yang diperoleh hingga pukul 08.00 WIB menunjukkan peningkatan dari 3 RT dan 11 ruas jalan tergenang menjadi 4 RT dan 23 ruas jalan tergenang di seluruh wilayah DKI Jakarta,” menurut Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, dalam keterangan tertulis pada Jumat (22/3/2024).

Kondisi ini juga menyebabkan status pintu air Pulogadung naik menjadi Siaga 3 (Waspada) pada pukul 05.00 WIB. BPBD DKI Jakarta mengerahkan personelnya untuk memantau kondisi di setiap wilayah dan berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait seperti Dinas Sosial, AGD Dinkes, PMI untuk melakukan tindakan penyedotan genangan serta memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan para lurah dan camat setempat untuk upaya penanganan.

Baca Juga:  Setelah Timnas AS Menang Melawan Iran, Joe Biden: Hey, Itu Permainan Besar Bung

“BPBD DKI Jakarta juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial, AGD Dinkes, PMI untuk penanganan pengungsi. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” ujar dia.

Isnawa Adji menekankan pentingnya kewaspadaan masyarakat terhadap potensi genangan. Masyarakat diimbau untuk tetap berhati-hati dan segera menghubungi nomor telepon darurat 112 dalam keadaan darurat. Layanan tersebut tersedia secara gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop.

“Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop,” tutupnya.

Di Jakarta Barat, empat RT terdampak yang tersebar di dua kelurahan. Tiga RT di Kelurahan Kapuk mengalami genangan dengan ketinggian air mencapai 30 sentimeter, sementara satu RT di Kelurahan Cengkareng Barat dengan ketinggian air sekitar 60 sentimeter.  Selain itu, terdapat 23 ruas jalan yang tergenang air dengan tinggi berbeda-beda, mencakup wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Baca Juga:  Ferdy Sambo Dituntut Penjara Seumur Hidup Dalam Perkara Pembunuhan Berencana Brigadir J

Penulis: Putra Alam | Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda