BeritaPolitik

Gus Imin Minta Presiden dan ASN Netral di Pemilu 2024

Jakarta, Deras.id – Bakal cawapres dari Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar meminta Presiden Jokowi dan para ASN untuk netral pada pemilu mendatang. Gus Imin juga meminta kepada masyarakat untuk mengawasi sisa tahapan kontestasi Pilpres 2024.

“Presiden beserta seluruh ASN harus netral dan tidak berpihak kepada satupun peserta pemilu,” kata Gus Imin di kanal YouTube Kompas pada Rabu (1/11/2023).

“Jadi kalau ada yang berpihak, mengganggu dan tidak konsisten sampaikan kepada saya, saya akan sampaikan kepada presiden secara langsung supaya tidak ada lagi yang tidak netral, semua pelaksana pemilu harus netral, tidak boleh berpihak dan rakyat mengawasi terus,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Gus Imin juga meminta Jokowi untuk netral terhadap bacawapres. Tidak terkecuali terhadap anak sulungnya Gibran Rakabuming Raka yang merupakan bacawapres Prabowo Subianto.

Baca Juga:  Gus Imin Tanggapi soal Amien Rais Syndrome

“Islam mengajarkan harus adil, meskipun kepada anaknya. Karena islam itu perintahnya adalah bersifat adil meskipun terhadap anaknya,” ujar Gus Imin.

Selain Gus Imin, Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat juga meminta Presiden Jokowi bersikap netral pada Pilpres 2024. Djarot meminta Jokowi tidak hanya netral melalui kata-kata saja, melainkan juga dengan tindakan.

“Kami minta supaya benar-benar netral, jangan hanya secara verbal saja. Kata-kata saja. Tapi dalam tindakan juga harus sama, ya. Antara perbuatan dan kata-kata harus sama. Sikap dan tindakan harus sama,” tegas Djarot.

Djarot mengatakan, pihaknya berharap ASN, TNI, hingga Polri bisa netral. Dengan demikian, Pemilu 2024 bisa dipastikan berjalan secara aman, damai, lancar, jujur, dan adil.

“Termasuk juga MK juga harus mengambil posisi yang betul-betul penjaga konstitusi,” pungkasnya.

Baca Juga:  Fasilitas Posko THR, Kemnaker Terima 2.576 Laporan

Penulis: Fia l Editor: Ifta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda