BeritaNasional

Gus Halim Tegaskan Pemanfaatan Teknologi Harus Tetap Bertumpu Pada Akar Budaya Desa

Surabaya, Deras.idPemanfaatan teknologi melalui aplikasi digital dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing koperasi diberbagai aspek operasional dan pelayanan kepada masyarakat. Namun, pemanfaatan teknologi tetap harus senantiasa bertumpu pada akar budaya desa.

“Bismillahirrahmanirrahim, maka dengan ini aplikasi Koperasi Urun Dana Sejahtera Jawa Timur saya nyatakan mulai diimplementasikan untuk kepentingan kesejahteraan warga masyarakat desa,” ujar Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini saat melaunching aplikasi digital Koperasi Urun Dana Sejahtera bertajuk “Kebangkitan Pengusaha” di Grand INNA Tunjungan, Surabaya, pada Rabu (14/6/2023).

Menurut Gus Halim, koperasi dapat membantu mengembangkan potensi ekonomi masyarakat desa dengan menyediakan peluang usaha dan pemasaran bersama. Dengan demikian, masyarakat desa dapat mengakses sumber daya dan modal yang lebih besar melalui kerja sama dan kolaborasi.

Baca Juga:  Kemendes PDTT Kawal Inovator Desa Hasil TTGN Dapatkan HAKI

Dengan dilaunchingnya aplikasi Koperasi Urun Dana Sejahtera ini, Gus Halim berharap dapat memudahkan dan juga menyejahterakan warga masyarakat desa. Namun Ia mengingatkan mengikuti perkembangan teknologi, namun tetap bertumpu pada akar budaya.

“Saya nyatakan bahwa koperasi adalah betul-betul menjadi aktor kekuatan pembangunan ekonomi kita hari ini. Malam hari ini kita lakukan, kita mengikuti perkembangan teknologi, kita mengikuti apa yang menjadi dinamika dan trendingnya, tapi kita tetap bertumpu pada akar budaya,” ucap Gus Halim.

Koperasi seringkali menyediakan akses ke modal dan kredit yang sulit diperoleh oleh individu atau kelompok kecil di desa. Itulah kenapa Gus Halim selalu mendukung keberadaan koperasi dalam meningkatkan perekenomian di desa.

“Kenapa saya kaitkan dengan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab saya? Pada saat saya dipanggil Pak Presiden, ada dua hal yang kemudian muncul dari diskusi itu dan menjadi pesan utama Pak Presiden kepada saya untuk saya lakukan, yaitu terkait dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Alasan Jokowi Undang 3 Capres Makan Siang

Gus Halim menjelaskan, dua hal itu adalah pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia. Bagaimana kemudian dana desa yang digulirkan oleh pemerintah melalui APBN, ditransfer ke desa itu betul-betul berdampak pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

“Dua hal inilah yang hari ini betul-betul saya upayakan semaksimal mungkin dengan segala ikhtiar saya untuk 74.961 Desa di Indonesia,” ujarnya.

Sebagai informasi, acara ini dihadiri oleh puluhan pelaku usaha dan pegiat koperasi yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Timur.

Penulis: Ifta l Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda