BeritaNasional

Gus Halim Targetkan Semua Desa di Indonesia Punya Persputakaan

Advertisement

Jakarta, Deras.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar ingin setiap desa di Indonesia memiliki perpustakaan sebagai peningkatan pengetahuan sektor literasi. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengembangan Informasi (BPI) Kemendes PDTT Ivanovich Agusta.

“Bapak Menteri masih menginginkan supaya jumlah Perpustakaan Desa itu minimal 74.960, itu sesuatu jumlah desa se-Indonesia,” kata Ivan saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (07/11/2022).

Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini ingin pembangunan desa terwujud dengan berbagai jenis ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu generasi Indonesia juga diharapkan memiliki keahlian di berbagai jenis ilmu pengetahuan.

Cita-cita ini senada dengan ketertarikan Gus Menteri terkait dengan buku dan pengetahuan. Ia memiliki harapan besar agar literasi ini menjadi pijakan kebijakan pembangunan di Indonesia.

Baca Juga:  IPM Naik, Pemda Bojonegoro Bakal Lanjutkan RPL Desa Pascasarjana

“Bapak Menteri sendiri punya minat yang sangat kuat untuk menulis sehingga sudah ada buku yang beliau terbitkan dan karena yang menerbitkan Menteri langsung menjadi kebijakan dipakai se-Indonesia contohnya SDGs Desa,” kata Ivan.

Kemendes PDTT kembali didapuk sebagai partner Indonesia International Book Fair (IIBF) ke-41 yang akan digelar secara hybrid pada 9-13 November di JCC Jakarta. Rencananya akan ada 134 peserta dalam juga luar negeri dengan target 25.000 pengunjung.

Advertisement

Pada rangkaian acara tersebut salah satunya ditujukan untuk program khusus transaksi hak cipta.

“Nanti juga akan diselenggarakan Get Inspiring, Bussiness Matchmaking dan Indonesia Rights Fair atau IRF. IRF ini merupakan program khusus untuk transaksi hak cipta atau copyrights,” jelas Ketua Panitia IIBF 2022 Wahyu Rinanto.

Sementara itu akan digelar pula diskusi yang menghadirkan tokoh mulai dari pejabat, aktivis, penulis hingga jurnalis selama IIBF berlangsunv. Diantaranya adalah Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar; Menteri BUMN, Erick Thohir; Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko; Asma Nadia, Eje Kim, Ashley Kim, Dahlan Iskan, Vier Abdul Jamal, dan banyak juga narasumber yang lainnya.

Advertisement

Penulis: Ria l Editor: Dian

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda