BeritaNasional

Geram Maraknya Kasus Gagal Ginjal Akut, Cak Imin: Harus Jadi Perhatian Khusus Pemerintah

Advertisement

Jakarta, Deras.id – Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar merespon kasus ginjal akibat cemaran zat dalam obat sirup yang menewaskan raturan anak di Indonesia. Menurutnya negara harus memastikan obat yang dikonsumsi rakyat benar-benar aman. Pesan ini diunggah pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut melalui akun Twitter pribadinya @cakimiNOW pada Rabu malam (02/11/2022).

“Kasus gagal ginjal akibat keteledoran soal obat ini harus jadi perhatian serius Negara. Negara tak boleh lalai keselamatan rakyatnya. Apalagi yang paling banyak korban masyarakat miskin. Negara harus memastikan bahwa obat yg dikonsumsi masyarakat aman”, tegas Cak Imin dalam akun Twitter pribadinya @cakimiNOW, Rabu (2/11/2022).

Cuitan tersebut mengundang beragam tanggapan dari netizen. Beberapa diantaranya menuliskan perlunya perhatian ekstra tidak hanya obat namun juga makanan anak-anak yang dijual bebas di pasaran.

“Sangat benar…negara hrs menjaga generasi penerus bangsa, sdh banyak korban anak2 kecil,” tulis pemilik akun @just_cross

“Bukan hanya Obat Cak bahkan jajanan anak dilingkungan juga harap diperhatikan, terutama anak usia TK,” sambung lainnya.

Sekitar 141 anak Indonesia tewas akibat gagal ginjal akut yang disebabkan pencemaran Etilon Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DG) pada obat sirup. Oleh karenanya Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) juga diminta serius untuk memastikan keamanan pada obat-obatan yang beredar di masyarakat.

Advertisement

Penulis: Fausi | Editor: Ifta

Advertisement

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda