BeritaDaerah

Gelar Pameran Jajanan Tradisional, Pasar Rakyat SMKN Klabang Banjir Pengunjung

Bondowoso, Deras.id– Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kelabang menggelar pasar rakyat  jajanan tradisional pada Rabu (21/06/2023) di halaman SKANELA. Kegiatan yang dibuka untuk umum ini mendapat lebih dari 500 pengunjung dari masyarakat Bondowoso.

“Jujur saya sangat takjub pada animo masyarakat yang dengan antusias rela berdesakan untuk mendapatkan jajanan jadul favoritnya yang hampir punah dan nyaris sulit ditemukan di pasar,” kata Daris bangga.

Daris menyampaikan bahwa kegiatan yang dikemas secara mandiri oleh murid-murid SKANELA tersebut merupakan puncak dari pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Sementara itu, ketua P5 SMKN 1 Klabang Diny Rosita menegaskan bahwa gelar karya P5 pasar rakyat dengan nuansa tempo dulu ini digelar sebagai puncak perayaan kegiatan P5 mengusung tema kebekerjaan, kebhinekaan global, dan kearifan lokal.

Baca Juga:  Sumpah Pocong di Bondowoso Batal, Warga Kecewa!

“Melalui kegiatan ini murid-murid terlatih untuk mandiri dan kreatif dalam berwirausaha, serta turut melestarikan kekayaan kuliner daerah asalnya agar tidak punah,” ujar Diny saat ditemui pagi tadi di sela-sela riuhnya pengunjung.

Hal senada juga disampaikan Elok sebagai koordinator stand bazaar menyebutkan ada 50 jenis jajanan jadoel yang disajikan mulai dari apen kuah, pattola, gunteleng, sarabi, lonyang, jindul, lemet, putu, gettas, dan lain sebagainya.

Guru Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) tersebut menambahkan bahwa semua produk dijual sendiri oleh murid-murid dan mereka juga memperhitungkan sendiri untung ruginya, sehingga melatih anak-anak untuk mandiri merancang bisnis dan harapannya akan bermanfaat bagi mereka.

“Pasar rakyat ini juga diharapkan mampu mengobati rasa rindu bagi pengunjung akan jajanan tradisional,” imbuh Elok bangga.

Baca Juga:  Update Pembunuhan Polisi G20, Pelaku Ternyata Masih Dibawah Umur

Salah satu masyarakat yang hadir langsung ke acara pasar rakyat dan mengaku bernama Puput mengaku sangat bahagia bisa hadir dan menikmati langsung jajanan tradisional yang disukainya.

“Rasanya kayak kembali ke masa kecil lho, menyehatkan dan sangat ramah dikantong, semoga sering-sering saja ada acara seperti ini,” kata Puput dengan sangat gembira.

Penulis: Daris | Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda