BeritaNasional

Epic! Perayaan 25 Tahun Kreativitas Dance Indonesia Bertajuk The Birds Pukau Ratusan Penonton

Jakarta, Deras.id – Pertunjukan tertutup Tari Kontemporer perayaan 25 tahun Kreativitas Dance Indonesia bertajuk The Birds sukses diselenggarakan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Kamis, (30/11/2023). Penampilan sebagai ajang percobaan sebelum pementasan spektakulernya itu didampingi langsung oleh Koreografer Yudhistira Sjuman.

“Pertunjukan ini merupakan aransemen ulang dari karya yang sudah di tampilkan tahun 2011 silam,” ucap pelatih pertunjukan The Birds,  Aksan Sjuman saat jumpa pers.

Puluhan penari terlibat dalam pertunjukan yang terdiri dari 20 babak dengan formasi yang berbeda. Beberapa penampil ada juga yang sudah lama berkecimpung dengan dunia olah tubuh, diantaranya Wenny Halim dan Nudiandra Sarasvati. Kedua penari itu, sudah malang melintang di dunia tari, apesifiknya koreo gerakan tarian kontemporer modern.

Baca Juga:  Siswa SMK, SMA dan SLB di Jember Gelar Pameran Karya Rayakan Hardiknas

Dalam pertunjukan itu, terdapat satu pria yang juga tidak kalah energik. Pria bernama Jhon Ballghot yang merupakan penari berkebangsaan Filipina. Nama besarnya, sudah tidak perlu diragukan lagi.

Jhon Ballghot dalam pertunjukan tertutup The Birds  itu berduet dengan Wenny Halim dan Nudiandra Sarasvati dalam adegan yang berbeda.

Penampilan dari kolaborasi yang terjadi, menarik, lantaran saat menampilkan tarianya kompak, dan serasi.

Lantunan musik The Birds yang jadi lagu tema sangat pas dengan volume yang lurih, dan ritme begitu tenang. Belum lagi, setiap hentakan kaki dari penampil yang seirama dengan musik menambah keterpaduan antar kedua jenis seni tersebut.

Lagu The Bird sendiri di aransemen ulang dari judul lagu yang sama. Aksjan Sjuman bekerjasama dengan Indra Lesmana telah berhasil mengolah kembali lantunan nadanya hingga terdengar syahdu di telinga para audience yang datang.

Baca Juga:  Polda Metro Jaya Pastikan Tindak Lanjut Kasus Mario Dandy

Pertunjukan the Bird sejatinya tarian yang sudah ditampilkan pada tahun 2001 silam. Gerakan dalam pertunjukan itu merupakan karya dari Koreografer terkenal Farida Oetoyo. Pada mulanya, nama gerakan tari itu bertajuk ‘Burung-Burung’ yang sukses ditampilkan di Art Summit Indonesia.

Penari yang terlibat dalam pertunjukan di gelaran festival seni tari itu, diantaranya Adella Fauzi, Aletta Fauzi, Bianca Sere Pulungan, Chendra Effendy, Fiona Citradinata, Jonitasjah, Mira Tedja, Rita Dewi, Sekararum Nirmala, Sita Kristiana, Susi Mariyah, Yudhistira Syuman, dan Yasin Dionisius, serta Jecko Kurniawan S.

Penulis: Fuji l Editor: Ani

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda