BeritaNasional

Elit Parpol Tanggapi Isyarat Jokowi Dukung Prabowo jadi Capres

Jakarta, Deras.id – Perkataan Presiden Joko Widodo bahwa “setelah ini jatah Prabowo” mendapat tanggapan yang beragam dari para Elit Parpol. Sebagian besar menganggap itu isyarat dukungan kepada Prabowo Subianto untuk pilpres mendatang.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid melihat perkataan Jokowi adalah isyarat dukungan dari orang nomor 1 di RI tersebut.

“Hemat saya, itu isyarat Pak Jokowi dukung Pak Prabowo maju sebagai capres, bahkan diunggulkan,” tegas Jazilul kepada wartawan, Senin (7/11/2022).

Hal serupa disampaikan Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad. Ia memandang pernyataan Jokowi itu adalah bentuk endorsement untuk calon Presiden yang akan datang.

“Pernyataan Pak Jokowi tersebut endorsement yang luar biasa,” kata Sadad didepan wartawan di Surabaya.

Sementara itu, Airlangga Hartanto Ketua Umum Partai Golkar merespon santai isyarat tersebut. Airlangga menjawab secara diplomatis bahwa figur yang menjadi kontestan di Pilpres 2024 harus sesuai dengan persyaratan sesuai di KPU.

“Ya namanya kontestasi kan kontestan jadi artinya sesuai dengan apa KPU saja siapa yang eligible untuk mendaftar, siapa yang punya dukungan suara jadi kontestan, kan seperti itu,” ujar Airlangga kepada wartawan usai menemui gabungan relawan Jokowi di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat.

Dari partai pengusung Anies, Ketua DPP NasDem Willy Aditya menganggap wajar perkataan tersebut. Menurutnya, itu adalah bentuk apresiasi Jokowi kepada Prabowo yang telah menjadi rivalnya pada dua edisi pilpres.

“Menurut saya bagus. Bagaimana pun Pak Prabowo adalah salah satu politisi yang masih layak untuk berkontestasi di pilpres mendatang,” ujarnya kepada wartawan.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi mengatakan “setelah ini jatah Prabowo” saat memberikan sambutan di acara HUT Perindo di iNews Tower, Jakarta Pusat, Senin (7/11/2022). Ucapan itu terlontar setelah Jokowi bercerita mengenang masa pemilihan wali kota Solo hingga gubernur DKI.

Perkataan Jokowi tersebut menjadi angin segar bagi Prabowo-Cak Imin. Pasalnya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar telah sepakat mendeklarasikan koalisi bersama di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Penulis: Dayu | Editor: Ifta

Show More

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda