BeritaNasional

Ela Nuryamah Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dalam Meningkatkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Lampung Selatan – Anggota DPR-RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Ela Siti Nuryamah menggelar kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Balai Desa Sidorejo, Lampung Selatan, Kamis, (25/01/2024). Hal itu dilakukan sebagai upaya penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara bagi masyarakat.

“Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara,” kata Ela Nuryamah, Kamis (25/01/2024).

Ela Nuryamah menjelaskan, sosialisasi 4 Pilar kebangsaan ini juga diharapkan mampu meningkatkan nilai-nilai kebangsaan sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Konsep Bhinneka Tunggal Ika akan sangat relevan untuk dapat dipertahankan dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia mengatakan bahwa sosialisasi ini sengaja diselenggarakan di Balai Desa Sidorejo agar masyarakat bisa menyadari pentingnya menjaga dan memahami nilai-nilai pilar kebangsaan.

Baca Juga:  Anies Tanggapi Ucapan Ganjar Terkait ‘Perubahan'

Selain itu ia juga menerangkan, seluruh elemen masyarakat perlu memperkuat Pancasila sebagai ideologi bangsa. Pancasila merupakan cita-cita bangsa yang mesti diwujudkan dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Sebagai ideologi bangsa yang terbuka dan dinamis, Pancasila harus mampu mengembangkan budaya bangsa sehingga dapat memecahkan masalah yang dihadapi seperti ancaman radikalisme, sektarianisme dan liberlisme. Hal itu penting diwujudkan dalam rangka menjaga persatuan dan keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

“Pilar-pilar kebangsaan yang dikenal dengan singkatan PBNU, (P) Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, (B)Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara, (N) NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai Bentuk Negara, dan (U) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR,” imbuhnya.

Ela Nuryamah berharap setelah sosialisasi selesai peserta yang hadir juga ikut aktif menyebarkan pemahaman pilar-pilar kebangsaan terutama keluarga dan lingkungan sekitar.

Baca Juga:  Joe Biden Sahkan Undang-undang Pengurangan Inflasi AS

Penulis: Nurnadilah | Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda