BeritaInternasional

Eks Ketua Hamas Serukan Dunia Arab untuk Lawan Israel

Yerussalem, Deras.id– Mantan ketua Hamas Khaled Meshaal menyerukan protes di seluruh dunia Arab untuk mendukung rakyat Palestina. Mashaal yang berbasis di Qatar mengatakan pemerintah dan masyarakat Yordania, Suriah, Lebanon dan Mesir memiliki tugas lebih besar untuk mendukung Gaza.

“Suku-suku Yordania, putra-putra Yordania, saudara-saudari Yordania, ini adalah momen kebenaran dan perbatasan sudah dekat dengan Anda, Anda semua tahu tanggung jawab Anda,” kaya Meshaal dalam rekaman videonya, seperti dikutip dari reuters.com, Rabu (11/10/2023).

Yordania dan Lebanon adalah rumah bagi pengungsi Palestina dalam jumlah terbesar. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat Arab turun ke jalan melakukan protes untuk mendukung Palestina.

“Kita harus pergi ke alun-alun dan jalan-jalan di dunia Arab dan Islam pada hari Jumat,” tegasnya.

Baca Juga:  Polda Sumsel Gelar Operasi Senpi Musi 2023

“Kepada semua ulama yang mengajarkan jihad, kepada semua yang mengajar dan belajar ini adalah momen penerapan,” pungkasnya.

Seruannya muncul ketika Israel berjanji untuk meningkatkan tanggapannya terhadap serangan Hamas dengan serangan darat. Sebelumnya, Israel telah melakukan serangan udara dengan jet tempur yang menyerang lebih dari 200 sasaran di kota Gaza.

Kementerian kesehatan Gaza mengatakan sedikitnya 950 orang tewas dan 5.000 lainnya luka-luka di wilayah pesisir yang padat penduduk.

Sebelumnya, kelompok bersenjata Hamas dari Jalur Gaza telah melakukan serangan di beberapa bagian selatan Israel. Penyerbuan itu adalah yang paling mematikan dalam sejarah Israel.

Untuk diketahui, Israel juga telah menghantam kota-kota di Lebanon selatan sebagai tanggapan serangan roket baru oleh kelompok bersenjata Hizbullah. Pasukan Israel menyerang Hizbullah dengan serangan udara dan juga menyerang Lebanon setelah pos militer di Israel menjadi sasaran penyerangan kelompok tersebut.

Baca Juga:  PPP Sorongkan Sandi untuk Cawapres Ganjar

Hizbullah membenarkan penyerangan itu dengan mengatakan telah menembakkan rudal pesisir ke posisi Israel sebagai tanggapan atas terbunuhnya anggotanya dalam penembakan Israel awal pekan ini. Mereka berjanji akan memberikan tanggapan atas serangan di wilayah Lebanon.

Penulis: Andre l Editor: Saiful

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda