NasionalBerita

DPR Terima Surat Presiden soal Usulan Pergantian Panglima TNI

Jakarta, Deras.id – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menerima surat presiden tentang usulan pergantian Panglima TNI dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun nama yang diusulkan Jokowi sebagai Panglima TNI baru adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang baru enam hari dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

“Saya akan mengumumkan calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” ujar Ketua DPR RI Puan Maharani saat memimpin Rapat Paripurna Pembukaan masa sidang DPR II Tahun 2023-2024 di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta dikutip Kamis (2/11/2023).

Puan mengatakan Agus Subiyanto diusulkan presiden sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang memasuki usia pensiun.

Baca Juga:  Polusi Udara di Jabodetabek, Menteri LHK: 44 Persen dari Asap Kendaraan

Menurutnya, Laksamana TNI Yudo Margono memasuki masa pensiun bertepatan dengan peringatan hari kelahirannya. 

“Bahwa Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono akan memasuki masa pensiun yang sesuai dengan aturannya, yaitu pada tanggal 26 November, sesuai hari kelahiran beliau,” kata Puan.

Lebih lanjut, Puan menjelaskan bahwa berdasarkan aturan Undang-undang, presiden harus menyampaikan usulan nama Panglima TNI baru kepada DPR.

Dalam mekanisme selanjutnya, DPR akan menindaklanjuti surat usulan presiden tersebut kurang lebih 20 hari dari sekarang.

“Karenanya sesuai dengan Undang-Undang TNI, Presiden harus mengusulkan calon pengganti Panglima TNI kepada DPR di luar masa reses, kurang lebih mekanisme itu 20 hari sejak Surpres (Surat Presiden) tersebut diterima oleh pimpinan DPR,” jelas Puan.

Diketahui, Jenderal Agus Subiyanto baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai KSAD menggantikan Jenderal Dudung Abdurrahman pada 25 Oktober 2023 lalu.

Baca Juga:  Jokowi Ambil Alih Perbaikan Ribuan Kilometer Jalan Rusak di Jambi

Sebelum dilantik KSAD, Jenderal Agus Subiyanto menjabat sebagai Wakil KSAD.

Penulis: Diraf l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda