PolitikBerita

Demokrat Sebut Hanya AHY yang Penuhi Syarat Cawapres Anies

Jakarta, Deras.id – Partai Demokrat menyatakan hanya Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menyanggupi dan memenuhi syarat sebagai calon wakil presiden bagi Anies Baswedan. Pernyataan ini muncul usai Partai Demokrat menemui 6 figur potensial Cawapres Anies Baswedan.

“Semua jawaban para figur di luar Mas Ketum menyatakan tidak sanggup memenuhi persayaratan. Kesimpulannya, Ketum AHY yang memenuhi kesanggupan dan persyaratan menjadi Cawapres Anies,” ujar Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief, Jumat (9/6/2023).

Andi mengatakan sebelumnya telah menerima aspirasi masyarakat serta memperhatikan survei yang mengerucut 6 sosok potensial yang akan mendampingi Anies di pilpres 2024.

Namun dari 6 sosok tersebut tidak ada yang sanggup memenuhi syarat dan kriteria Cawapres Anies.

“Saya sebagai Kabapilu menerima aspirasi masyarakat dan memperhatikan survei telah meranking 6 figur yang potensial mendampingi Pak Anies berdasarkan persyaratan piagam koalisi dan soal-soal di luar itu. Nama-nama mereka hampir semua masuk radar survei,” katanya.

Baca Juga:  NasDem Curiga PDIP Hendak Rayu Demokrat

Andi menuturkan bahwa pernyataannya tersebut tidak semata-mata mencuat karena AHY merupakan ketua umumnya maupun putra dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Namun, ia menegaskan partainya mendorong AHY jadi Cawapres karena figur lainnya tidak sanggup.

“Hanya Ketum AHY yang sanggup menerima tantangan rakyat membawa aspirasi perubahan dan perbaikan,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan sejumlah sosok Cawapres yang mencuat.

Sosok tersebut antara lain, Erick Thohir, Ridwan Kamil, Sandiaga Salahuddin Uno, Mahfud Md, AHY, Gibran Rakabuming, Airlangga Hartarto, hingga Khofifah Indar Parawansa.

Sementara itu, hasil survei teranyar Litbang Kompas menunjukkan sejumlah nama kandidat cawapres yang paling cocok mendampingi Anies.

Peringkat pertama diisi oleh Ridwan Kamil dengan suara sebesar 15,8 persen, Sandiaga Uno dengan suara sebesar 13,8 persen, Ganjar Pranowo sebesar 12,1 persen, serta AHY sebesar 10,8 persen.

Baca Juga:  Blak Blakan, Demokrat Tolak Yenny Wahid Jadi Cawapres Anies

Penulis: Diraf l Editor: Rifai

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Mohon Matikan AdBlock di Browser Anda